Home >> Pengetahuan kayu >> Klasifikasi Mutu Kayu, kekuatan Kayu, dan Keawetan Kayu
Klasifikasi Mutu dan kualitas kayu

Klasifikasi Mutu Kayu, kekuatan Kayu, dan Keawetan Kayu

Klasifikasi Mutu Kayu, kekuatan Kayu, dan Keawetan Kayu. Klasifikasi kayu berdasarkan mutu, kekuatan, dan keawetan kayu serta penggunaannya pada bangunan dijelaskan sebagi berikut:

Klasifikasi mutu kayu

Klasifikasi mutu kayu merupakan penggolongan kayu secara visual terkait dengan kualitas muka kayu, seperti: cacat, pola serat, dan kelurusan batang, serta kadar air kayu.

Menurut Ariestadi (2008), terdapat 3 (tiga) macam mutu kayu dalam perdagangan, yaitu: mutu A, mutu B dan mutu C. Kayu mutu C adalah kayu yang tidak termasuk dalam

Golongan kayu mutu A dan mutu B. Menurut Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia (PKKI) 1961, kayu mutu A dan mutu B harus memenuhi syarat sebagai berikut:

Syarat kayu mutu A:

  • Kayu harus kering udara (kadar air ≤ 15%);
  • Besar mata kayu tidak melebihi 1/6 lebar muka kayu, atau tidak boleh lebih besar dari 3,5 cm;
  • Kayu tidak boleh mengandung kayu gubal (wanvlak) yang lebih besar dari 1/10 lebar muka kayu;
  • Miring arah serat Tangen maksimum 1/10;
  • Retak arah radial tidak boleh lebih besar dari 1/4 tebal kayu dan retak arah lingkaran tumbuh tidak boleh lebih besar dari 1/5 tebal kayu.
Baca Juga:  Sistem dan Metode Pengeringan Kayu Secara Alami dan Oven

 

Syarat kayu mutu B:

  • Kayu kering udara dengan kadar air 15% – 30%;
  • Besar mata kayu tidak melebihi 1/4 lebar muka kayu, atau tidak boleh lebih besar dari 5 cm;
  • Kayu tidak boleh mengandung kayu gubal (wanvlak) yang lebih besar dari 1/10 lebar muka kayu;
  • Miring arah serat Tangen maksimum 1/7;
  • Retak arah radial tidak boleh lebih besar dari 1/3 tebal kayu dan retak arah lingkaran tumbuh tidak boleh lebih besar dari 1/4 tebal kayu.

 

Klasifikasi Kekuatan kayu

Klasifikasi kekuatan kayu didasarkan pada kekuatan lentur dan kekuatan tekan pada keadaan kayu kering udara. Kekuatan lentur ditentukan berdasarkan tegangan lentur maksimum yang diterima oleh kayu hingga putus (tegangan lentur mutlak). Sedangkan kekuatan tekan ditentukan berdasarkan tegangan tekan maksimum yang diterima oleh kayu hingga pecah (tegangan tekanan mutlak). Besarnya angka tegangan kayu dinyatakan dengan satuan kg/cm3. Biasanya semakin kuat suatu jenis kayu semakin besar pula Berat Jenis (BJ)nya.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Kayu, Bagian Kayu, Sifat Kayu, dan Karakter Kayu

Klasifikasi kayu di Indonesia menurut Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia (PKKI) tahun 1961 digolongkan ke dalam 5 (lima) kelas kuat, yaitu kelas kuat I, II, III, IV dan V. Besar tegangan dan berat jenis masing-masing kelas kuat kayu ditunjukkan dalam Tabel berikut:

Tabel kelas kuat kayu
Tabel kelas kuat kayu

 

Klasifikasi Keawetan kayu

Klasifikasi keawetan kayu didasarkan pada keawetan kayu terhadap pengaruh kelembaban, iklim (air dan terik matahari), rayap dan serangga lain, serta perlakuan kayu dalam pemakaian sebagai konstruksi. Berdasarkan Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia (1961), keawetan kayu diklasifikasikan dalam 5 (lima) kelas, yaitu: kelas keawetan I, II, III, IV, dan V. Lama pemakaian kayu pada konstruksi sesuai dengan kondisi lingkungan atau sifat pemakaian setiap kelas keawetan kayu ditunjukkan pada Tabel di bawah ini.

Baca Juga:  Tahapan dan Proses Pengeringan Kayu
Tabel kelas awet kayu
Tabel kelas awet kayu

Kata Kunci:

klasifikasi kayu berdasarkan kelasnya,kayu berdasarkan mutu dan kelasnya,klasifikasi kelas kuat kayu,mutu kayu,klasifikasi kayu,mutu kayu arsitektur com,syarat mutu kayu A miring arah serat tangen maksimum 1/10 artinya,tabel kelas awet kayu,Klasifikasi mutu kayu,kualitas kayu poris,mutu dan kelas kayu,mutu kayu kelas a,klafikasi mutu klasifikasi kuat kkasifukasiawet,keterawetan jenis kayu beserta kelasnya,klasifikasi dan jenis kayu,klasifikasi dan karakteristik Kayu,kekuatan kayu berdasarkan kelas,5 kelas kuat kayu pada LPPK,tabel penggolongan kayu beserta contohnya,cara menggolongkan mutu kayu,contoh jenis kayu mutu a,kayu berdasarkan mutu,kayu berdasarkan pemakaian,kayu mutu b,kayu yang bedasarkan kekuatan

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.

Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *