Home >> Pertukangan >> Pertukangan Bangunan >> Memilih Pipa Tembaga untuk Kebutuhan Properti dan Ledeng
Memilih pipa tembaga
Memilih pipa tembaga

Memilih Pipa Tembaga untuk Kebutuhan Properti dan Ledeng

Memilih Pipa Tembaga untuk Kebutuhan Properti dan Ledeng. Tidak ada yang dapat menandingi tembaga dalam hal pembuktian prestasi. Tembaga terus menerus menghasilkan hasil yang bagus dalam sistem-sistem pipa ledeng dan pemanas dari setiap tipe. Ia sangat kuat, dapat beradaptasi, dan tangguh. Selain tembaga tidak ada bahan lain yang dapat menjanjikan daya tahan yang lama dalam kondisi-kondisi sulit.

Tembaga adalah bahan alami. Ia telah digunakan untuk membuat tempat minum, pipa-pipa, dan botol air untuk beribu-ribu tahun. Tidak ada bahan pipa ledeng lainnya yang dapat menandingi rekor daya tahan tembaga yang luar biasa. Penemuan dari Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika menunjukkan bahwa sistem pipa ledeng dengan tembaga dapat mengurangi dan bahkan membunuh bakteri-bakteri Pathogenic yang berbahaya (seperti E.Coli) jika bakteri tersebut ada di dalam sistem air minum.

Dalam memilih pipa tembaga terlebih dahulu yang harus diketahui adalah jenis pipanya dan diperuntukan untuk apa?, bahan pipa tembaga terdiri dari 3 jenis pipa yang masing-masing mempunyai ketebalan bahan, kelenturan kekuatan yang berbeda diantaranya:

Baca Juga:  Mengenal Jenis Beton dan Penggunaanya dalam Konstruksi

 

  • Pipa Tembaga Lunak

Di pasaran jenis tembaga ini dijual dalam bentuk lunak, yang mana dapat dibengkok dengan tangan atau dengan mesin pembengkok dan dapat dengan mudah dirangkai untuk penggunaan bawah lantai maupun di atas plapon. Jenis pipa ini tersedia dalam ukuran yang panjang (sampai dengan 50 meter) yang mengurangi pemakaian alat sambung dan berakibat pada penurunan biaya pengerjaannya.

Pada tabel Y, Ukuran pipa mulai dari 12 s.d 28 mm tersedia dalam bentuk lunak dengan panjang 20 atau 25 meter dan lebih kurang 1,3 kali lebih tebal dari yang terdapat dalam tabel W . Jenis pipa ini sangat sesuai untuk pemakaian/penggunaan di bawah tanah. Kelebihan ketebalan dindingnya pun membuat jenis pipa ini dapat digunakan untuk konstruksi tertentu pada instalasi pipa uap.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Semen dan Kegunaanya

 

  • Pipa Setengah Keras

Seperti diketahui pada tabel X, jenis pipa yang terdapat di dalamnya tersedia dalam ukuran 3,0; 5,8; atau 6 meter dalam kondisi setengah keras, yang sesuai untuk pembengkokkan dan pembentukan secara dingin. Jenis pipa ini dapat dengan mudah dibengkokkan dengan mesin pembengkok atau kalau untuk pipa yang berdiameter 6 s.d 22 mm dibengkokkan dengan pegas yang dimasukkan ke dalam pipa.

Keunggulannya yang mudah digunakan dan relatif ringan, ditambah dengan kemampuannya menahan tekanan dalam, membuat kelas pipa ini banyak digunakan di Inggris dan negara-negara lain, sebagai bahan instalasi domestik untuk air panas dan dingin, sistem pemanas terpusat, dan instalasi gas.
Diameternya berkisar antara 6 mm sampai dengan 159 mm (diameter luar).

Jenis pipa yang termasuk dalam tabel Y juga ada yang tersedia dalam bentuk setengah keras dengan panjang 6 m. pipa ini mempunyai ketebalan berkisar antara 1,5 kali tebal dari jenis pipa yang terdapat dalam tabel X. Dengan ketebalannya, kelas pipa ini pun dapat sesuai digunakan untuk tipe konstruksi tertentu dari instalasi pipa uap.

Baca Juga:  Mengenal Bata Ringan dan Cara pembuatan Bata Ringan, Hebel, Beton Ringan

 

  • Pipa Tembaga Keras

Seperti diketahui bahwa pada tabel Z, jenis pipa ini tersedia dengan panjang 5,8 s.d 6 meter dan bahan ini dimaksudkan untuk sistem instalasi yang membutuhkan pipa memanjang. Tetapi karena kekerasannya dan dinding pipa yang tipis membuat bahan ini tidak dapat dibengkokkan dan dibentuk, dan jika dibutuhkan dapat menggunakan alat-alat sambung. Pada standar yang ada di negara lain, memungkinkan diproduksi dinding pipa yang lebih tebal, sehingga dapat dibengkokkan dengan mesin dan sering ditemui kesulitan besar.

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.

Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *