Home >> Pertukangan >> Pertukangan Kayu >> Mengenal Jenis Mesin Amplas (Sander) dan Fungsinya
aneka jenis mesin amplas
Aneka Jenis Mesin Amplas yang beredar dipasaran untuk mempermudah pekerjaan

Mengenal Jenis Mesin Amplas (Sander) dan Fungsinya

Mengenal Jenis mesin amplas (sander) dan fungsinya. Proses pengamplasan merupakan proses untuk memperhalus permukaan dengan menggunakan material abrasive. Material abrasif salah satunya berbentuk amplas. Amplas akan mampu membuat permukaan yang kasar menjadi halus sehingga siap di finishing.

Untuk menghasilkan hasil amplas yang halus dan merata diperlukan proses yang berkelanjutan. Proses ini jika dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan akan sangat melelahkan, apalagi jika bidang yg diamplas sangat luas.

Disinilah pentingnya mesin amplas yang bisa secara konsisten melakukan gerakan abrasif. Mesin amplas sangat mudah dioperasikan, cepat, dan hasilnya terukur. Beberapa mesin amplas juga memiliki katup penghisap debu sehingga bisa meminimalkan polusi debu amplas.

Secara umum mesin amplas dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Mesin Amplas Belt Sander

Mesin amplas belt sander berbentuk pita yang diputar secara elektronik dengan dua buah roda. Hasil amplas belt sander sangat cepat tapi membutuhkan konsentrasi tinggi.

Mesin amplas belt sander bentuknya besar dan berat sehingga harus dioperasikan dengan hati-hati. Mesin amplas belt sander cocok untuk bidang yang luas, seperti papan kayu dan lantai kayu.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Mesin Bor dan Kegunaanya
mesin amplas belt sander
mesin amplas belt sander sangat cocok untuk permukaan yang luas dan mengupas bekas cat

Jika menggunakan mesin amplas belt sander untuk bidang kecil agak sulit mengendalikan bahkan bisa merusak permukaan jika kurang teliti.

Mesin amplas belt sander sangat efektif juga digunakan untuk mengupas cat lama, menghilangkan bekas minyak, menghilangkan bekas cacat pada substrat termasuk bekas karat pada panel besi.

Mesin belt sander di Indonesia beredar dengan beragam merek, yaitu bosch, makita, maktek, dan beberapa merek dari china.

 

  • Mesin Amplas Orbital Sander (Amplas Getar)

Mesrupakan mesin amplas yang paling banyak beredar dipasaran. Mesin amplas orbital sander bekerja dengan sistem getar yang membuat getaran naik turun.

mesin amplas getar atau amplas orbit
Mesin amplas orbit atau getar merupakan jenis mesin amplas paling populer

Pada area bawah mesin amplas orbital sander terdapat spon agak keras sebagai tempat meletakkan amplas. Hal ini dimaksudkan agar amplas bisa menyentuk permukaan secara fleksibel dan tsk merusak permukaan.

Baca Juga:  Mengenal Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer

Mesin amplas orbital sander umumnya berbentuk kotak persegi panjang atau persegi. Mesin amplas orbitas sander banyak digunakan pada industri kayu kecil maupun para penghobi DIY (membuat sendiri berbagai kreasi).

 

  • Mesin Amplas Random Orbital Sander (Amplas Putar Getar)

Mesin amplas random orbital sander biasanya berbentuk bulat. Serta sistem pemasangan amplasnya menggunakan sistem velcro (bisa langsung direkatkan) sehingga biasa disebut juga dengan mesin amplas velcro.

mesin amplas random orbit
mesin amplas random orbit atau biasa disebut mesin amplas velcro

Mesin aplas random orbital sander mempunyai sistem kerja dengan gerakan kombinasi bergetar naik turun dan juga berputar.

Siatem kerja ini membuat pekerjaan yang dilakukan dengan mesin amplas random orbital menjadi lebih cepat. Selain itu terdapat lubang pada tatakannya dan amplas sehingga mampu menghisap debu dengan baik. Saat ini merek yang beredar banyak didominasi oleh merek besar seperti bosch, maktek, dan dewalt.

 

Keamanan Saat Menggunakan Mesin Amplas

Saat menggunakan mesin amplas peralatan keamanan yang wajib digunakan adalah masker dan kaca mata kerja.

Baca Juga:  Memilih Dinamo untuk Table Saw

Masker berfungsi untuk menyaring debu sisa amplas agar tidak masuk ke saluran pernafasan. Disarankan menggunakan masker sistem respirator karena partikel debu amplas sangat kecil dan bisa menembus sela sela masker yang tidak rapat.

Kacamata kerja penting untuk menghindari mata dari debu karena bisa menyebabkan iritasi. Apalagi jika yang diamplas merupakan material besi, bekas karat, atau sisa-sisa cat.

Ingat bahwa dalam bekerja keselamatan dan kesehatan adalah nomer satu.

 

Kata Kunci:

cara kerja mesin amplas,mesin amplas dempul,jenis mesin amplas,mesin amplas,cara memperbaiki mesin amplas,mesin amplas dempul mobil,macam macam mesin amplas,jenis mesin amplas kayu,alat amplas,fungsi dan cara kerja sanding master,Mesin amplas berapa macam,fungsi orbital sanders,cara kerja mesin amplas orbital,cara kerja mesin amplas kayu,macam macam sander,Macam mesin sender,mesin sander,Macam dan jenis mesin amplas,teori mesin amplas,Mesin untuk amplas,kegunaan mesin sander,fungsi sander,fungsi palm sander,jenis2 mesin amplas,kelebihan dan kekurangan orbital sander

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.

Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

2 comments

  1. mampir, baca2 yaaa

  2. Makasih min infonya, saya copas untuk tugas,hehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *