Home >> Pertukangan >> Pertukangan Kayu >> Mesin Serut, Mesin Ketam, Planer Tangan dan Fungsinya
mesin serut atau mesin planer

Mesin Serut, Mesin Ketam, Planer Tangan dan Fungsinya

Mesin Serut, Mesin Ketam, Planer Tangan dan Fungsinya. Mesin planer tangan biasa juga disebut mesin ketam atau mesin serut adalah sebuah alat perkakas yang digunakan untuk menghaluskan, meratakan dan membentuk potongan-potongan kayu.

Seringkali hasil potongan kayu dari mesin gergaji baik bandsaw maupun table saw mempunyai permukaan yang tidak rata dan kurang halus. Sehingga perlu dihaluskan dengan mesin planer atau mesin serut. Terkadang kayu yang berbentuk panjang ketika kering mengalami perubahan bentuk atau bengkok, nah fungsi mesin serut ini untuk meluruskan.

cara menggunakan mesin serut
Cara menggunakan mesin serut, mesin ketam, atau mesin planner

Penyerutan prinsipnya adalah membersihkan permukaan kayu dari cuttermark dan meratakan permukaan kayu sehingga seluruh permukaan sama tinggi dan membuat keempat sisi kayu bersudut 90°.

Pada waktu ingin menggunakan mesin planer ada beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan agar hasil serutan tidak terdapat cacat (cuttermark, pecah, burnt-mark) dan terhindar dari pengulangan.

 

Setting Mesin Serut

Sebelum menjalankan mesin, cek kapan terakhir kali pisau diasah dan pastikan bahwa mata pisau masih tajam. Peganglah prinsip ‘Tukang kayu yang baik adalah tukang yang memiliki alat kerja yang senantiasa tajam’. Kemudian periksa kedudukan daun meja mesin bagian depan dan belakang. Daun meja belakang PASTI & HARUS berada lebih rendah daripada daun meja depan. Perbedaan ketinggian ini sebesar ketebalan kayu yang diserut pada waktu sekali jalan.

Baca Juga:  Pentingnya Meja Kerja (Workbench) Buat Workshop

Level perbedaan yang ideal adalah antara 1-4mm. Jangan terlalu tebal karena berarti anda memaksa mesin untuk bekerja lebih berat.

Panel penghantar yang berfungsi untuk me(ng)kontrol sisi-sisi kayu menjadi siku 90° harus berada pada posisi yang benar dan stabil. Pastikan anda telah mengencangkan panel ini sebelum menjalankan mesin.

Jangan lupa pasang penutup pengaman pisau yang biasanya telah menjadi satu bagian dengan mesin.

 

Cara Kerja Mesin Serut

Setelah mesin menyala, pastikan bahwa kayu telah menempel panel penghantar (bagian samping) ketika masih berada di meja belakang. Lakukan dorongan kayu ke depan pada kecepatan yang sesuai dan stabil. Apabila terlalu cepat mendorong akan mengakibatkan cuttermark pada permukaan kayu (permukaan bergelombang), namun apabila terlalu lambat akan mengakibatkan burnt-mark, yaitu noda seperti bekas terbakar karena putaran pisau tidak mengiris kayu sama sekali. Burnt-mark juga bisa ditimbulkan karena pisau tumpul.

Baca Juga:  Mengenal Amplas, Jenis-jenis Amplas dan Kegunaanya

Begitu benda kerja telah melewati poros pisau, lakukan tekanan HANYA pada MEJA DEPAN dengan tetap memberi sedikit tekanan ke arah panel penghantar. Mengapa? Setelah benda kerja melewati pisau, meja depan mesin menjadi patokan kayu agar tetap rata.

 

Keamanan Saat Bekerja dengan Mesin Serut

Pada waktu mendorong benda kerja, posisi tangan tidak boleh terbuka. Jari-jari tangan harus selalu rapat dan terletak di atas benda kerja. Atau untuk ukuran kayu yang kecil cukup gunakan jari telunjuk dan ibu jari. Jari telunjuk untuk menekan kayu ke arah penghantar, dan jepitan kedua jari untuk mendorong kayu ke depan.

Apabila benda kerja tipis, bagian pisau yang terbuka di atas permukaan meja harus selalu ditutup dengan pengaman mesin yang telah tersedia.

Sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan setiap menggunakan powertool apapun jenisnya. Sebab tangan merupakan bagian tubuh yang berkaitan langsung dengan mesin. Sarungtangan berbahan kevlar yang kuat atau kulit akan lebih baik lagi.

Baca Juga:  Tahapan dan Proses Pengeringan Kayu

Gunakan kacamata kerja saat menggunakan mesin serut, sebab partikel kayu akan dengan mudah beterbangan. Serbuk kayu yang beterbangan berpotensi mengenai mata dan merusak pandangan.

Ingat bahwa dalam bekerja, keamanan diri adalah yang utama.

 

Kata Kunci:

cara menggunakan mesin ketam listrik,cara menggunakan mesin ketam tangan,mesin ketam,fungsi pasah,mesin ketam kayu,fungsi ketam,bagian bagian mesin pasah dan cara kerja bagian bagian,cara menggunakan serut kayu listrik,cara menghaluskan kayu dengan mesin planer atau pasah listrik yang praktis,bagian2 terpisah pada serut kayu,Fungsi mesin ketam,Gambar ketam mesin dan bagisn bagiannya dan fungsi nya,jenis ketam elektrik,modif mesin pasah,bagian bagian mesin ketam tangan listrik,bagian bagian mesin ketam tangan dan kegunaanya,cara kerja komponen mesin ketam,alat planner fungsi,Cara menyetel mata mesin serut,kegunaan mesin ketam pencabang,perlengkapan mesin pasah dan kegunaannya,cara menggunakan mesin planer,definisi pasah manual,pengertian ketam tangan,bagian bagian mesin ketam tangan

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.

Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *