Home >> Pertukangan >> Pertukangan Kayu >> Mengenal Table Saw dan Panduan Membeli Table Saw
cara memilih table saw

Mengenal Table Saw dan Panduan Membeli Table Saw

Table Saw atau gergaji meja merupakan salah satu peralatan wajib untuk pertukangan kayu. Table saw digunakan untuk memotong berbagai bidang kayu dengan akurat. Mempunyai table saw yang bagus dan berkualitas merupakan impian banyak orang baik profesional maupun hobi.

Table saw atau gergaji meja dalam sistem penggeraknya dibagi menjadi dua yaitu:

  • Table saw Direct Drive: Table saw dimana mata gergajinya terhubung langsung dengan motor penggerak. Biasanya table saw portable banyak menggunakan sistem ini karena tidak memakan ruang.
  • Table Saw belt Drive: Table saw ini mata gergajinya tidak terhubung langsung dengan motor penggerak atau dinamo tetapi didistribusikan melalui pita karet atau vanbelt. Biasanya table saw jenis ini bentuknya besar dan untuk pekerjaan berat.
Baca Juga:  Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya
pagar rip table saw
Pagar Rip table saw harus presisi

Panduan saat membeli Table Saw

saat membeli table saw ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak kecewa dan menyesal, berikut ini adalah panduan umum saat membeli table saw:

  • Meja Table Saw, Teliti dengan benar bila perlu membawa meteran siku untuk memastikan bahwa meja table saw benar-benar lurus, siku, dan bebas defect. Meja table saw yang terbuat dari besi biasanya mudah korosi jika kena lembab, memilih bahan alumunium atau zink aloy yang tebal selain ringan juga relatif tahan karat.
  • Pagar Rip, Pagar rip merupakan papan pembatas untuk menentukan ukuran bidang yang akan dipotong. Pastikan pagar rip lurus, mudah digerakkan, dan akurat. Cek dengan penggaris untuk memastikan akurasinya.
  • Sudut Bevel, Table saw mempunyai keunggulan bisa memotong dengan beragam sudul bevel mulai 0-45 derajat, cobalah untuk memiringkan pisaunya dengan beragam sudut bila perlu di cek dengan protaktor.
  • Asesoris table saw, Semakin bagus table saw semakin lengkap asesorisnya misalnya meja ektensi untuk memperpanjang bidang potong, angle protactor, push stick, dll.
  • Harga, Harga table saw sangat bervariasi dan sejauh ini menentukan kualitas, usahakan sesuaikan dengan kebutuhan carilah merek yang sudah teruji sehingga mempunyai daya tahan, keawetan tinggi, dan yang paling penting adalah akurasi.
Baca Juga:  Beli Perkakas Power tools Bermerek Mahal Atau Murah? Ini Panduannya

demikian panduan singkat memilih dan membeli table saw, semoga bermanfaat.

Kata Kunci:

penggaris table saw,Jenis jenis mata table saw,dinamo yang cocok bikin tabble sau,tips memilih table saw,sejauh mana handstools untuk otomotif,memilih table saw yang baik,gergaji bermerek,gergaji apa yg cocok untuk table saw?,dinamo yg cocok untuk table saw,tips memilih talbe saw

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.

Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *