Home >> Pertukangan >> Pertukangan Kayu >> Pentingnya Meja Kerja (Workbench) Buat Workshop
membuat meja kerja workbench

Pentingnya Meja Kerja (Workbench) Buat Workshop

Pentingnya Meja Kerja (Workbench) Buat Workshop. Meja workshop atau workbench merupakan meja yang digunakan untuk melakukan pengerjaan pada lokasi bengkel kerja atau workshop. Meja kerja biasanya digunakan untuk melakukan setting pekerjaan mulai dari  yang ringan hingga yang berat. misalnya melakukan pemasangan, pengeleman, dan pengelasan bidang yang bisa dicover luas meja kerja.

Meja workshop biasanya berbentuk persegi panjang atau persegi terbuat dari kayu yang kokoh jika untuk pertukangan, dan besi yang tebal jika untuk pengelasan. beragam bentuk meja kerja ada yang terbuat secara simple dan sederhana. Ada pula yang rumit dan mempunyai beragam kombinasi dan fungsi.

Berikut adalah beberapa contoh meja workshop atau workbench yang banyak digunakan.

Baca Juga:  Tahapan dan Proses Pengeringan Kayu
meja workbench
Meja kerja atau workbench fungsinya untuk mempermudah pekerjaan di workshop

 

meja kerja multi fungsi
meja kerja juga bisa berfungsi sebagai tools station dan media penyimpnanan

 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membuat meja atau workbench diantaranya:

  1. Sesuaikan workbench dengan ruangan kerja. Ruangan yang terbatas sebaiknya membuat meja workbench yang mempunyai banyak fungsi misalnya bisa digunakan untuk penyimpanan dan standing perkakas seperti mitersaw.
  2. Sesuaikan tinggi meja dengan tinggi badan, meja seharusnya dibuat secara custom atau menyesuaikan penggunanya. Saya sendiri membuat meja workshop dengan tinggi 62 cm atau tepat ditengah telapak tangan ketika kita berdiri.
  3. Meja kerja sebaiknya terbuat dari material yang kokoh dan kuat misalnya dari kayu jati, kayu merbau, atau jenis kayu keras lain.
  4. Jika ruangan sangat terbatas sebaiknya meja workshop diberi roda agar bisa di geser dan dipindah.
  5. Sertakan penjepit atau clamp disampingnya (vise moxon) untuk mempermudah pekerjaan.
Baca Juga:  Jenis-jenis Alat Ukur untuk Pekerjaan Kayu
meja kerja master tukang
ini adalah meja kerja yang saya gunakan, terbuat dari kayu jati dan top tablenya kayu merbau

Jika sebagai penghobi pemula, workbench seharusnya menjadi proyek pertama yang digunakan untuk belajar. berikut adalah beberapa rancangan sederhana jika ingin membuat mejakerja.

desain rancangan meja kerja

Ada beragam desain dan rancangan yang bisa Anda gunakan pastikan sekali lagi bahwa meja workshop adalah properti khusus yang didesain untuk Anda, demi kenyamanan dalam bekerja.

Berikut ini Saya tampilkan video meja workshop yang Saya Gunakan, selamt berkarya

 

Kata Kunci:

teknik konstruksi pertukangan kayu download,pertukangan kayu,teknik pertukangan kayu,mEja kerja tukang kayu,bikin meja workbench,fungsi meja kerja bengkel,meja pertukangan,membuat meja kerja tukang meubel,meja kerja untuk workshop,cara buat meja kerja tukang kayu,membuat meja kerja tukang kayu,pekerjaan kayu,trik pertukangan kayu,ukuran meja workbench,workshop tukang kayu,meja kerja u pekerjaan las,workbench kayu jati,cara buat meja kerja dari bahan kayu serbaguna,Tehnik pertukangan,desain ruang bengkel tukang kayu,desain meja kerja dari pipa pvc,definisi meja kerja las,cara membuat meja tukang kayu serbaguna,buat meja kerja k,biayaembuat workshop kayu

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.

Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *