Home >> Pertukangan >> Video Tutorial Pertukangan >> Video Tutorial Finishing Kayu dengan Melamine dan Spray Gun

Video Tutorial Finishing Kayu dengan Melamine dan Spray Gun

Video Tutorial Finishing Kayu dengan Melamine dan Spray Gun. Finishing dengan menggunakan melamin banyak dilakukan pada furniture berbahan kayu. Sifat khas finishing melamin yang membentuk selaput film membuat kayu nampak semakin bagus. Melamin juga mampu menjaga kerusakan kayu akibat pengaruh cuaca. Komponen utama dari finishing melamin adalah Sanding sealer dan top coating melamine Gloss atau dof.

Finishing akhir dengan melamine gloss akan membentuk lapisan yang sangat mengkilap sementara kalau finishing mekamine doff akan membentuk warna sedikit berkabut atau matt 80%.

 

Cara Finishing Melamine dengan Spray Gun pada furniture kayu. Kali ini kami sharing finishing melamine dengan spray gun, berikut ini adalah perlatan yang harus disiapkan.

  1. Spray Gun HVLP (bisa juga menggunakan yang konvensional tinggal disesuaikan setelan anginnya.
  2. Kompresor, saya pakai oiless yang tanpa oli dan relatif tidak berisik usahakan menggunakan kompresor dengan tangki 30 liter agar lebih stabil.
  3. Masker Carbon Active untuk kimia (masker karbon aktif di dalam katridgnta terdapat arang berwarna hitam)
  4. Filter kompresor + Pengatur tekanan udara kompresor, filter kompresor ini untuk menyaring agar udara jadi bersih dan tidak tercampur air)
  5. Sarung tangan karet atau latex (bahan finishing dan thinner bisa membuat kulit tangan menjadi tidak nyaman dan berbahaya dalam jangka panjang.
  6. Melamine Sanding Sealer.
  7. Melamine Clear Dof.
  8. Wood Filler Jati.
  9. Pewarna (wood stain)
  10. Thinner A spesial.

Tahapan Aplikasi:

  1. Amplas Furniture dengan Grit #150
  2. Dempul cacat kayu dengan wood filler dengan menggunakan kapi.
  3. Kuas seluruh material kayu dengan wood filler yang encer agar sedikit menutup serat kayu, bila ingin meutup seluruh serat bisa diaplikasikan agak kental.
  4. Amplas dengan Grit #240
  5. Aplikasikan Sanding Sealer dengan diencerkan menggunakan thinner sebanyak 60%.
  6. Semprotkan Sanding sealer dengan tekanan angin sebesar 35 mpa atau 3,5 bar.
  7. Setelah sanding sealer kering Amplas dengan grit #320.
  8. Setelah diamplas aplikasikan celar dof dengan thinner yang diencerkan sebanyak 60%.
  9. Proses penyemprotan seharus seperti dicelup tapi tidak meleleh, kecepatan gerakan tangan dan tekanan udara sangat menentukan.
  10. Tunggu kering maksimal selana 5 jam.

Demikian video tutorial finishing kayu dengan melamine semoga bermanfaat. Link video tutorial finishing kayu cara lengkapnya bisa dilihat di bawah iniL:

Kata Kunci:

www mastertukang com,alamat work shop pilitur melamin kayu,link vidio perkayuan,tutorial perkayuan,video finishing kayu,video pengelasan,video tukang com

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan.

Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *