Home >> Urban Skill >> Pertukangan Bangunan >> Aneka Jenis Sarung Tangan Keamanan ( Safety Gloves) yang Wajib Diketahui
jenis sarung tangan keamanan safety

Aneka Jenis Sarung Tangan Keamanan ( Safety Gloves) yang Wajib Diketahui

Aneka Jenis Sarung Tangan Keamanan ( Safety Gloves) yang Wajib Diketahui. Mungkin banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi dengan safety hand gloves. Apalagi untuk mereka yang bekerja dengan potensi bahaya yang tinggi, pemakaian hand gloves bukan lagi sekedar kewajiban tapi kebutuhan agar tangan kita yang sehat dan indah tidak tergores bahkan mungkin terluka parah akibat bekerja.

Tapi apakah anda sekalian tahu kalau safety hand gloves ternyata banyak jenisnya?

Safety hand gloves sendiri adalah alat yang dipakai untuk melindungi tangan dari potensi bahaya seperti goresan benda tajam, panas, bahkan bahan kimia. Hand gloves yang dipakai untuk melindungi dari panas tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk melindungi tangan dari bahan kimia. Apasih bedanya? Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut beberapa jenis hand gloves berdasarkan fungsi dan bahan penyusunnya.

 

Sarung Tangan Impact ( Impact Hand Gloves)

Hand Gloves jenis Impact ini dilengkapi dengan fitur shock absorber. Artinya Ketika ada benda berat terjatuh dan menimpa tangan anda, Impact Hand Gloves dapat melindungi tangan anda dengan menyerap energi tumbukan sehingga tangan anda tidak terkena energi tumbukan sepenuhnya.

sarung tangan impact murah
sarung tangan impact

 

Sarung Tangan Abrasion (Abrasive Hand Gloves)

Hand Gloves jenis ini adalah hand gloves yang sering digunakan ketika dalam permesinan terutama Abrasive. Dengan formulasi nitrile pada materialnya nya membuat sarung tangan ini tahan terhadap abrasi yang diakibatkan oleh gesekan. Abrasive Hand Gloves juga tahan terhadap benda benda tajam, jadi sangat cocok digunakan untuk pekerja yang menggunakan mesin mesin abrasi.

Baca Juga:  Mesin Serut, Mesin Ketam, Planer Tangan dan Fungsinya

sarung tangan abrasion

 

Sarung Tangan Anti Slip (Anti Slip Hand Gloves)

Anti Slip Hand Gloves ini digunakan pada benda kerja yang basah ataupun berminyak. Anti Slip hand Gloves ini dilengkapi dengan Grip technology sehingga objek kerja yang berminyak maupun basah dapat di genggam dengan kuat tanpa terpeleset. Dengan teknologi microchannel pada sarung tangan ini menyerap fluida cair yang menempel pada benda kerja sehingga kontak sarung tangan dengan benda kerja tidak dihalangi oleh cairan-cairan tersebut.

 

Sarung Tangan Angkat (Lifting Hand Gloves)

Hand gloves jenis ini adalah hand gloves yang paling sering ditemukan di pasaran. Digunakan untuk melindungi tangan dari goresan benda tajam dan meminimalisir potensi selip saat mengangkat sesuatu. Hand gloves ini terbuat dari kain yang berserat. Ada pula beberapa lifting hand gloves yang dilengkapi lapisan karet pada bagian telapak tangan untuk menambah kekuatan cengkeraman tangan saat mengangkat.

Baca Juga:  Tahapan dan Proses Pengeringan Kayu

Jangan gunakan hand gloves jenis ini saat kalian mengoperasikan benda atau mesin berputar ya. Kenapa? Karena hand gloves ini terbuat dari kain yang berserat, maka ada potensi serat tersebut tersangkut di mesin berputar yang justru membahayakan tangan kita.

 

Sarung Tangan Tahan Panas (Heat Resistant gloves)

Hand gloves ini biasanya terbuat dari leather (kulit) dan bagian dalamnya terdapat lapisan kain yang halus. Hand gloves ini lebih tebal dan berat dibanding dengan hand gloves lainnya. Kenapa terbuat dari karet dan tebal? Karena sesuai dengan namanya, hand gloves ini berfungsi sebagai isolator panas yang melindungi tangan kita dari panas atau suhu yang tinggi. Dipasaran sendiri hand gloves ini sering disebut sebagai sarung tangan las. Biasanya digunakan pada saat pekerjaan las, blander (cutting torch), dan berbagai pekerjaan lainnya yang berhubungan langsung dengan suhu tinggi, furnace, dll.

 

Sarung Tangan Kimia (Chemical Resistant gloves)

Sesuai dengan namanya, chemical gloves biasanya digunakan pada lingkup laboratorium dan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan bahan atau zat kimia, seperti wet analysist dan pengecatan. Hand gloves ini biasanya terbuat dari bahan latex, nitrile, vinyl, dan PVC. Chemical gloves yang terbuat dari latex, nitrile, dan vinyl adalah sarung tangan yang sering kita lihat dipakai dibidang kedokteran, namun penggunaannya sendiri sebenarnya tidak sebatas itu, hand gloves ini juga bisa digunakan di laboratorium kimia karena sifatnya yang tidak tembus cairan. Sarung tangan ini bersifat disposable atau sekali pakai.

Baca Juga:  Dinding Semen Ekspos: Murah, Menarik, dan Kian Digandrungi

Selain itu ada pula chemical gloves yang terbuat dari PVC, dilihat dari bentuknya, sarung tangan ini biasanya memiliki lengan yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan chemical resistant gloves yang lainnya. Chemical gloves jenis ini biasa digunakan pada saat pekerjaan pengecatan.

 

Masih ada beberapa lagi jenis sarung tangan untuk pekerjaan safety, namun yang disebutkan diatas adalah yang paling sering digunakan. Tetap semangat bekerja dan jangan lupa jaga keamanan diri, Salam Safety.

 

Source:klikmro.com

 

Kata Kunci:

Abrasive Hand Gloves terbuat dari,sarung tangan las beserta fungsi dan bahan pembuatanya,sarung tangan khusus pekerja bangunan,sarung tangan kerja berat,Sarung tangan Arsitek,safety glove,kaos tangan pertukangan,jenis-jenis sarung tangan dan harganya,fungsi cat glove,aneka gloves,sarung tangan safety

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *