Home >> Harga Bahan Bangunan >> Harga Jasa >> Berapa Biaya Jasa Arsitek dan Desain Interior?
biaya jasa desain interior

Berapa Biaya Jasa Arsitek dan Desain Interior?

Berapa Biaya Jasa Arsitek dan Desain Interior? . Membangun rumah layaknya membangun sebuah investasi, sebab kenaikan harga properti hampir melampaui inflasi. Selain itu membangun rumah juga membangun tempat untuk jiwa dan raga penghuninya sehingga harus sesuai dengan karakter dan kenyamanan penghuninya. untuk meciptakan rumah yang ideal bagi pemiliknya diperlukan desain pra konstruksi baik eksterior maupun interior.

Adanya desain interior dan eksterior memungkinkan kita merasakan secara visual untuk hadir didalamnya meskipun bangunan dan ruang belum terbentuk.  Sebagai permulaan, arsitek akan melakukan brainstorm tentang apa saja ruang yang dibutuhkan, berapa jumlahnya, perlu bangunan bertingkat atau nggak, dan hal-hal terkait. Di sinilah kesempatan kita untuk mengeluarkan ide dan model rumah impian. Keluarkan ide kita soal kamar tidur, dapur kotor dan bersih, gudang untuk menyimpan barang, serta ruangan lainnya.

Arsitek akan mencarikan solusi untuk desain rumah yang ideal. Desain yang sesuai kebutuhan, sesuai dengan budget, namun juga memikirkan aspek lingkungan. Nah, dari hasil obrolan tersebut, arsitek akan memberikan skesta dan juga draft visual (berbentuk gambar 3 dimensi) sebagai bayangan. Di tahap ini, kamu berkesempatan untuk menyesuaikan kembali jika ada hal-hal yang perlu ditambahkan atau dikurangi.

Baca Juga:  Harga Jasa Finishing Melamine Pintu, Kusen, Jendela 2018

Tips Memilih Konsultan Arsitek yang Tepat

  • Kalau kita sudah tahu mau membangun rumah gaya apa, cari arsitek yang punya portofolio serupa dengan yang kamu inginkan. Misal ingin membangun rumah klasik, cari konsultan yang ahli atau biasa mendesain bangunan klasik.
  • Pahami harga atau paket yang ditawarkan dan yang kita butuhkan. Apakah hanya jasa desain dan membangun, jasa desain membangun serta interior, atau yang lainnya.
  • Jika sudah memilih, pastikan kita ikut memantau mulai proses pembangunan sampai finishing.
  • Tak ada salahnya kenali setiap anggota tim yang terkait di dalamnya, sehingga komunikasi kita sebagai klien akan lebih mudah.

 

Biaya Jasa Arsitek:

terkadang kita merasa sedikit takut untuk menggunakan jasa rsitek karena khawatir biaya tinggi. Padahal dengan adanya desain arsitek kita bisa mengontrol budget dan pengeluaran kita dengan lebih akurat. Berikut ini adalah perkiraan harga biaya arsitek untuk pembangunan rumah tinggal.

  • Paket Desain Hemat
Baca Juga:  Menghitung Biaya Granit untuk Kitchen Set dan Table Top Granit

Biaya Paket Desain Hemat dihitung berdasarkan total Luas Lantai Bangunan (bukan luas tanah) yakni pada kisaran harga Rp. 50.000/ M² sampai Rp. 70.000/ M2 (semakin luas bangunan biaya desain semakin murah)

  • Paket Desain Standar

Biaya Paket Desain Standar dihitung berdasarkan total Luas Lantai Bangunan (bukan luas tanah) yakni pada kisaran harga Rp. 75.000/ M² sampai Rp. 150.000/M2 (semakin luas bangunan biaya desain semakin murah)

  • Paket Desain Lengkap

Biaya Paket Desain Lengkap dihitung berdasarkan total Luas Lantai Bangunan (bukan luas tanah) yakni pada kisaran harga Rp. 150.000,- / M² sampai Rp. 250.000/M2 (semakin luas bangunan biaya desain semakin murah)

 

Biaya Jasa Desain Interior

Tidak terlalui berbeda jauh dengan desain arsitektur, interior merupakan jantung kehidupan di dalam rumah. Mengetahui detail ruang sebelum di bangun akan sangat membantu kita, berikut ini adalah perkiraan biaya jasa desain interior:

  • Paket Hemat
Baca Juga:  Harga Jasa Finishing Melamine Pintu, Kusen, Jendela 2018

Biaya Paket Hemat dihitung berdasarkan total luas ruangan yakni kisaran harga Rp. 30.000,- / M² sampai Rp. 50.000,- / M2 (semakin luas ruangan, biaya desain semakin murah.

  • Paket Lengkap

Biaya Paket Lengkap dihitung berdasarkan total luas ruangan yakni kisaran Rp. 75.000,- / M² sampai Rp. 100.000,- / M2 (semakin luas ruangan, biaya desain semakin murah.

 

 

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

One comment

  1. Emang seperti apa sih perbedaan penggunaan biaya pembangunan rumah dengan menggunakan jasa arsitektur sm tidak menggunakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *