Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Decor >> Interior >> Elemen Desain Interior dalam Konsep Perancangan Ruang
elemen desain interior

Elemen Desain Interior dalam Konsep Perancangan Ruang

Elemen Desain Interior dalam Konsep Perancangan Ruang. Pengetahuan akan elemen-elemen dasar ini harus diketahui oleh setiap desaigner interior. Bagi Anda sebagai klien juga penting mengetahui apa saja elemen-elemen dasar dari desain interior. Gunanya untuk memunculkan kriteria-kriteria desaign sesuai setiap elemen.

Selain itu, klien yang memahami elemen yang perlu di pertimbangkan dalam desain interior akan bisa menggambarkan standart interior yang baik. Berikut ini elemen-elemen dasar desain interior yang perlu kita ketahui.

Elemen Desain Interior: Tata letak ruang

Sebuah ruangan yang dirancang harus memiliki penataan ruang baik. Apalagi jika ukurannya besar, maka akan
lebih luas untuk dilakukan penataan. Penataan tiap ruangan yang dipikirkan adalah unsur lantai, furnitur yang
ada di dalamnya, dinding, ukuran, dan penempatan yang kesemuanya berdasarkan fungsi dan kegiatan yang
dilakukan di masing-masing ruangan.

Elemen Desain Interior: Keberagaman Jenis ruangan

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Selalu ada perkembangan-perkembangan keinginan yang dimunculkan. Mengingat setiap keinginan antar manusia bisa jadi berbeda jenis dan kadarnya. Oleh karena itu, desain interior di dalam suatu bangunan harus bisa mengakomodasi segala keinginan banyak orang. Perlu sekiranya menyediakan variasi ruangan yang bisa digunakan untuk berkelompok maupun individu.

Baca Juga:  Penggunaan Bata Ekspose untuk Dinding Interior

Misalkan saja ada ruang khusus bermain anak-anak di dalam rumah, ada juga ruang karaoke bagi yang sudah dewasa. Kesemuanya pada prinsipinya adalah ruangan hiburan namun dibedakan berdasarkan karakter penghuninya.

Elemen Desain Interior: Area personal

Manusia selain berkelompok juga merupakan manusia mandiri secara individu. Ada sifat-sifat privat yang dimiliki setiap individu dan dimiliki oleh banyak orang(universal). Suatu bangunan perlu mempertimbangkan area personal seperti kamar pribadi, kamar mandi, tempat ibadah, dsb yang akan menunjang setiap penghuni merasa aman, nyaman, dan dihargai.

Elemen Desain Interior: Aspek Pencahayaan

Pencahayaan di dalam ruangan harus cukup. Jangan hanya mengandalkan sinar lampu, namun bagaimana ruangan tersebut bisa menerima pencahayaan alami dari sinar matahari juga harus di pikirkan. Selain untuk penghematan listrik, mendapatkan pencahayaan alami juga akan lebih sehat. Pencahayaan sangat penting untuk menunjang aktivitas kerja kita, apalagi pekerjaan yang membutuhkan daya pengelihatan seperti membaca, atau sedang mengerjakan tugas.

Elemen Desain Interior: Tata Suara

Setting suara juga salah satu pengaturan yang penting. Apalagi fungsi ruangan tersebut membutuhkan kondisi yang tenang seperti ruang belajar. Suasana hening dibutuhkan beberapa ruangan namun jika terlalu hening juga tidak baik karena justru akan mudah menimbulkan gema dan gaung.

Elemen Desain Interior: Kontrol Suhu

Perlu kita ketahui keadaan suhu normal bagi manusia berkisar 24 derajat celcius. Kondisi suhu ruangan akan sangat berpengaruh terhadap efektifitas kegiatan yang dilakukan pernghuni di ruangan tersebut. Kita juga perlu mengetahui batas suhu atas yang bisa di terima tubuh manusia. Menurut Grandjen dan Hari batas toleransi suhu udara tinggi yang sesuai dengan kemampuan fisik dan mental manusia adalah sekitar 35-40 derajat celcius. Untuk negara dengan 2 musim seperti Indonesia diekomendasikan suhu nyaman antara 22,5-26 derajat celsius.

Elemen Desain Interior: Aspek kenyamanan

Berasal dari kata dasar nyaman, merupakan bentuk kepuasan jiwa karena indera perasa kita mengalami kenikmatan. Kondisi ruangan yang nyaman akan meningkatkan motivasi seseorang untuk bekerja di dalamnya. Karena para penghuni akan terhindar dari rasa tertekan, gelisah, serta serasa mendapatkan kebebasan untuk beraktivitas

Baca Juga:  Elemen Dasar Interior, Teori Dasar Desain Interior

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *