Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Urban Skill >> Pertukangan Kayu >> Jenis-jenis Alat Ukur untuk Pekerjaan Kayu
Alat ukur pertukangan
Alat ukur pertukangan

Jenis-jenis Alat Ukur untuk Pekerjaan Kayu

Alat ukur merupakan salah satu peralatan wajib yang harus dimiliki oleh profesional maupun para penghobi kerja kayu. Alat ukur yang tersedia ada bermacam-macam dan mempunyai beragam fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa alat ukur yang seharusnya dimiliki oleh para profesional maupun para penghobi DIY.

Penggaris Atau Mistar Ukur

Mistar ukur adalah alat ukur untuk mengetahui nilai panjang, lebar, tinggi/ketebalan, dan kedalaman. Alat ini berbentuk pipih lurus dilengkapi dengan satuan ukuran metrik dan imperial. Mistar dengan satuan metrik berbasis pada satuan milimeter dan setengah milimeter, sedangkan mistar satuan imperial berbasis pada satuan inchi dengan pembagian 16, 32, atau  64 bagian. Jika dibagi dalam 16 bagian artinya harga satuan terkecil adalah  1/6″, jika dibagi dalam 32 bagian maka satuan terkecil sama dengan 1/32″ sedangkan jika dibagi dalam 64 bagian berarti satuan terkecil adalah 1/64″.

Mistar ukur terbuat dari logam (baja atau aluminium), plastik, formika, atau kayu. Untuk kerja bangku umumnya terbuat dari baja. Satu sisi mistar diberi satuan ukuran metrik dan sisi lain diberi satuan ukuran imperial, namun ada mistar yang hanya mencantumkan satu sistem ukuran pada salah satu sisinya, misalnya hanya metrik atau imperial. Panjang mistar antara 10 cm s.d. 1 meter, namun yang biasa digunakan di bengkel kerja bangku adalah mistar berskala ukur ganda dengan panjang 30 cm atau 12″ (1foot). Bila diperlukan yang lebih panjang, tersedia pula mistar lipat dan mistar gulung (rol mistar).

Mistar Gulung (Rol Meter)

Dalam perkembangannya, meteran dibuat lebih panjang dari satu meter, bahkan ada yang sampai 100 m. Meteran semacam ini terbuat dari bahan serat nylon, kain, kulit atau lembaran plat baja tipis sehingga dapat digulung pada sebuah selubung, oleh karena itu dinamakan mistar/meteran gulung. Panjang meteran gulung yang terbuat dari plat baja antara 2 s.d. 10 m, meteran ini mempunyai konstruksi khusus yang dapat menggulung kembali secara otomatis, sedangkan meteran gulung kain/kulit panjangnya bisa mencapai 100 m tetapi tidak dapat menggulung secara otomatis.

mistar gulung atau meteran

Caliper Atau Sketmat

Jangka sorong adalah alat ukur yang ketelitiannya dapat mencapai seperseratus milimeter. Umumnya terbuat dari baja tahan karat. Terdiri dari dua bagian, bagian diam memuat skala ukur utama dalam sistem matrik dan imperial, dan bagian bergerak memuat skala ukur pembagi. Pembacaan hasil pengukuran sangat bergantung pada keahlian dan ketelitian pengguna maupun alat.

Sebagian buatan terbaru sudah dilengkapi dengan display digital. Pada versi analog, umumnya tingkat ketelitian adalah 0.05 mm (19  mm dalam skala utama dibagi dalam 20 bagian dalam skala pembagi) untuk jangka sorong dibawah 30cm,  dan 0.01 untuk yang di atas 30cm.

 

Baca Juga:  Cara Menghitung Biaya Produksi Pintu Kayu
Sketmat atau caliper
Sketmat atau caliper

Keterangan Gambar:

  1. Pengukur ukuran luar
  2. Pengukur ukuran dalam
  3. Pengukur ukuran kedalaman
  4. Skala utama dalam Cm (metrik)
  5. Skala utama dalam Inchi (imperial)
  6. Skala geser (vernier/nonius) untuk sistem metrik
  7. Skala geser (vernier/nonius) untuk sistem imperial
  8. Kunci penahan balok geser

 

Busur Derajat (Protractor)

Busur derajat adalah alat yang dapat untuk mengukur dan membentuk sudut antara dua bidang permukaan benda kerja yang saling bertemu. Protractor sederhana biasanya terdiri dari cakram pipih separuh lingkaran berskala mulai dari 0o sampai dengan 180o dan bilah putar. Namun saat ini juga berkembang beragam protaktor yang lebih detil dan modern dalam pengoperasiannya.

Protaktor atau busur derajat

 

 

Siku Segitiga (Speed Square)

Siku segitiga ini sangat penting untuk profesional maupun kalangan hobi kayu. Siku segitiga ini berfungsi untuk membuat garis sudut 90 derajat yang akurat. Selain itu juga bisa digunakan sebagai pemandu gergaji sirkular ataupun jigsaw. Selain itu Siku segitiga juga bisa berfungsi sebagai protaktor.

Baca Juga:  Tips Memilih Plywood atau Triplek untuk Proyek Interior dan Hobi
SIKU SEGITIGA ATAU SPEED SQUARE
SIKU SEGITIGA ATAU SPEED SQUARE

 

Siku Kombinasi Atau Combination Square

Ini merupakan salah satu alat kecil yang sungguh ajaib, karena selain digunakan untuk membuat garis siku pada kayu atau mengukur akurasi siku kayu juga mempunyai beragam fungsi. Ujung yang bisa digeser merupakan rahasia dari siku kombinasi ini. Lebih detilnya silahkan lihat gambar di bawah ini:

 

Fungsi siku kombinasi
Fungsi siku kombinasi

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *