Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Urban Skill >> Pertukangan Cat & Finishing >> Linseed Oil atau Minyak Biji Rami Solusi Finising Alami Kayu
linseed oil atau minyak biji rami

Linseed Oil atau Minyak Biji Rami Solusi Finising Alami Kayu

Linseed Oil atau Minyak Biji Rami Solusi Finising Alami Kayu. Pada zaman modern saat ini banyak para produsen dan para hobiist menggunakan berbagai bahan alami untuk finishing kayu dan proyek-proyeknya. Hal ini terkait dengan berbagai isu kesehatan akibat paparan bahan kimia finishing yang dipercaya bisa memicu kanker.

Salah satu bahan alami untuk finishing kayu adalah linseed oil atau minya biji rami. Diekstraksi dari biji matang tanaman Line atau rami, minyak biji rami telah digunakan selama beberapa ratus tahun untuk perlindungan dan pemeliharaan kayu interior dan eksterior. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu minyak penutup paling populer di dunia.

Ketersediaannya yang luas membuatnya menjadi komponen pilihan untuk cat tertentu dan pengikat yang sangat baik untuk lukisan minyak. Setelah kalah populer dengan minyak alkyd sintesis, minyak biji rami kembali populer akhir-akhir ini, berkat sifat tidak beracun dan karakteristiknya yang ramah lingkungan.

 

Baca Juga:  Masalah Pengecatan Dinding dan Solusinya

Linseed Oil Melindungi dan Menjaga Kayu Secara Alami

Meskipun minyak linseed oil yang pure perasan dari alam membutuhkan waktu yang lama untuk kering dan membentuk lapisan film. Tapi banyak profesional di eropa dan amera tetap menggunakannya terutama untuk material kayu yang bersentuhan dengan anak-anak dan makanan.

Linseed oil yang mentah butuh waktu kering optimal hingga 3 hari, namun banyak produsen yang sudah melakukan modifikasi dengan penambah agent alami yang mempercepat pengeringan atau dengan sistem dimasak vacuum dengan suhu tinggi sehingga cepat kering saat digunakan.

karakter dari linseed Oil ini adalah:

  • Non-film forming (tidak membentuk lapisan film)
  • Tahan air, elastis, dan tahan aus
  • Hasil akhir doff
  • Sedikit bau rumput
  • Penetrasi mendalam sehingga optimal melindungi kayu
  • Terjangkau dan ekologis
  • Mudah digunakan
  • Perawatan yang mudah
  • Pengeringan antara 12 dan 24 jam jika terpolimerisasi dan / atau zat pengering digunakan.   
  • Bisa digunakan bersamaan dengan terpentin, sirlak, atau beeswax sehingga memberi banyak pilihan opsi kepada para pengguna.
  • Jika tidak ingin berbentuk cair atau menambah daya water repellent bisa diaplikasikan dengan menggunakan beeswax atau lilin lebah menjadi wax polish kayu. Caranya ada di artikel Ini
Baca Juga:  Menggunakan Amplas yang Tepat untuk Pekerjaan Perkayuan

 

Cara Menggunakan Linseed Oil untuk Finishing Kayu

  • Amplas kayu dengan kertas ampelas 120 grit untuk memastikan penetrasi minyak yang baik.
    Bersihkan permukaan.
  • Untuk penetrasi yang lebih baik, campurkan lapisan pertama dengan pelarut ringan seperti pelarut sitrus atau pengencer yang tidak berbau, bisa terpentin atau white oil.
  • Oleskan lapisan pertama dengan kuas, roller atau kain.
  • 10 – 15 menit setelah aplikasi bersihkan permukaan untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  • Lapisan kedua dan ketiga, diterapkan pada interval 12 hingga 24 jam untuk perlindungan yang tepat.
  • Untuk sentuhan akhir yang sangat lembut, lanjutkan dengan pengamplasan ringan dengan amplas grit 600 atau 800, atau wol baja halus 000000, setidaknya 24 jam setelah lapisan terakhir diaplikasikan.
  • Perawatan harus dilakukan sekitar setahun sekali atau sesuai dengan keausan finish. Kayu yang tampak kering atau berubah warna adalah indikator yang baik bahwa Anda perlu menerapkan kembali lapisan tipis minyak. Cukup bersihkan permukaan dengan kain lembab, biarkan benar-benar kering dan oleskan minyak, bersihkan semua kelebihan minyak setelah 5 menit.
Baca Juga:  Tahapan Mengecat Dinding Rumah yang Tepat dan Efisien

Itulah rahasia untuk finishing doff yang indah, berikan perawatan yang tepat akan selalu mempertahankan penampilan aslinya.

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *