Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Decor >> Interior >> Memasang HPL Dinding, Berikut Ini Panduannya
memasang hpl dinding

Memasang HPL Dinding, Berikut Ini Panduannya

Memasang HPL Dinding, Berikut Ini Panduannya. Tampilan HPL (High Pressure laminated) yang tersedia beraneka ragam mulai corak batuan alam hingga serat kayu sanagat menarik jika diaplikasikan ke dinding. Bahkan Corak Lantai kayu HPL bisa memberikan kesan yang natural pada ruangan. menempal HPL pada dinding memang bisa dilakukan dengan mudah namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Biasanya HPL akan melekat kuat pada permukaan kayu itulah sebabnya ketika Memasang HPL dinding biasanya didinding di cover dulu dengan plywood. Namun ada juga yang memasangHPL langsung pada beton, tentu cara kedua ini tidak masalah asal betonnya sudah kering optimal dan lurus tidak berkelombang.

Dinding yang bergelombang akan membuat tampilan HPL juga ikut bergelombang. Itulah sebabkan lebih direkomendasikan jika didinding dilapisi dengan plywood dahulu.

Baca Juga:  Memperbaiki Dinding Rembes atau Dinding Ngompol

Walaupun Anda bisa menempelkannya secara rapi, namun HPL tersebut tidak akan bertahan lama. Sebaiknya Anda lakukan langkah-langkah persiapan terlebih dahulu. Mulailah dengan membersihkan dinding dari kotoran, lalu mengaplikasikan bahan waterproofing untuk mencegah kelembaban. Tunggu 3-5 hari agar permukaan dinding benar-benar kering.

 

Memasang HPL Dinding: Pemotongan HPL

Ketahui ukuran dinding yang akan dipasangi HPL. Anda bisa mengukur bidang dinding tersebut memakai meteran. Setelah itu buatlah pola sesuai ukuran dinding. Sebisa mungkin minimalkan potongan untuk menghasilkan tampilan yang bersih dan rapi. Lakukan pemotongan HPL secara tepat. Gunakan gergaji circle dengan mata potong keramik untuk mempermudah Anda dalam memotong HPL. Kerjakan dengan teliti dan hati-hati.

Baca Juga:  Perhatikan! Ini Panduan Sebelum Anda Merenovasi Rumah

 

Memasang HPL Dinding Ruangan

Proses pemasangan HPL di dinding sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari, ketika kondisi cuaca sedang cerah dengan suhu udara rata-rata sekitar 28-30 derajat celsius. Hal ini sangatlah penting sebab pemasangan HPL yang dilakukan saat cuaca terlalu panas atau dingin membuat permukaan HPL melengkung. Oleskan lem kuning di bagian belakang HPL serta permukaan dinding. Tempelkan HPL tersebut secara hati-hati. Tekanlah dari tengah ke atas, lalu tekan lagi dari tengah ke bawah. Selanjutnya Anda perkuat ikatannya dengan memasang paku memakai mesin tembak paku (nail gun).

 

Menyempurnakan Hasil Pekerjaan Memasang HPL Dinding

Mulailah dengan menutup bagian-bagian sambungan menggunakan dempul. Oleskan dempul ini secara cermat supaya hasilnya rapi. Usahakan jangan sampai dempul mengenai permukaan HPL. Bagian ujung HPL yang tidak rata dengan sebelahnya bisa dirapikan menggunakan cutter.

Baca Juga:  Memilih Material Kabinet Kitchen set, Antara Partikel Board dan Plywood

Setelah itu gosok menggunakan ampelas yang paling halus. Untuk menyamarkan keberadaan paku, warnai paku tersebut sesuai warna HPL memakai cat kayu atau spidol HPL khusus. Sedangkan untuk menghilangkan sisa-sisa lem yang menempel di permukaan HPL, Anda bisa memanfaatkan bensin.

Setelah selsesai memasang HPL dinding perhatikan baik-baik saat musim hujan sebab dinding yang rembes akan berakibat fatal terhadap HPL yang cepat mengelupas. Ada baiknya sebelum memasang HPL Dinding, tembok ditreatmen dengan pelapis anti bocor.

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *