Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Urban Skill >> Kelistrikan dan Elektrik >> Memasang Listrik Tenaga Surya di Rumah? Ayo Pahami lebih Detail
memasang listrik tenaga surya sendiri

Memasang Listrik Tenaga Surya di Rumah? Ayo Pahami lebih Detail

Memasang Listrik Tenaga Surya di Rumah? Ayo Pahami lebih Detail. Trend penggunaan energi bersih yang bebas polusi seperti dengan tenaga surya atau tenaga bayu, telah menjadi trend yang dimotori oleh negara maju. di Indonesia pun perlahan tapi pasti, listrik tenaga surya mulai banyak diadopsi untuk rumah tangga dan industri.

Meskipun saat ini harga pembangkit listrik tenaga surya masih mahal namun perlahan dengan perkembangan teknologi semakin menurun harganya, bahkan banyak sekali modul-modul yang bisa dirakit sendiri dengan panduan yang luar biasa banyaknya di berbagai web dan kanal video. Jika masih asing mengenai pembngkit listrik tenaga surya, ada baiknya kita ketahui beberapa poin besarnya dulu:

 

Alasan Memasang Listrik Tenaga Surya

  • Menekan biaya listrik dari PLN.
  • Peduli terhadap masa depan lingkungan.
  • Investasi jangka panjang.

 

Jenis Aplikasi Listrik Tenaga Surya

  • Tie Grid, Listrik surya yang produksi dayanya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, agar dapat digunakan kembali sewaktu-waktu oleh beban rumah tangga.
  • Grid Interactive, Listrik surya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, juga disediakan baterai sebagai cadangan daya, sehingga listrik rumah aman walau PLN padam.
  • Grid Hybrid,  Listrik surya digunakan secara bersama-sama antara PLN dengan genset atau tipe pembangkit lainnya dan mampu menjadi cadangan daya di saat listrik PLN padam.
  • Off Grid, Listrik surya yang dapat digunakan mandiri tanpa terhubung dengan listrik PLN, karena ketersediaan baterai sebagai cadangan daya.
Baca Juga:  Panduan Membeli Panel Surya yang Murah dan Berkualitas untuk Rumah

memasang listrik tenaga surya

 

Peralatan Listrik Tenaga Surya

  • Panel Surya (Solar panel), merupakan susunan sel surya yang sudah dirangkai dan dilaminating, siap dipasang di atap rumah atau penyangga. Ukuran solar panel sangat bervariasi mulai dari 10 WP (watt peak) hingga 200 WP (watt peak) bahkan lebih.
  • Controller, Yaitu panel pengontrol daya yang bisa mengatur keluaran listrik dari panel surya untuk digunakan pada peralatan yang membutuhkan daya. Kontroller juga mengatur keluaran arus jika digunakan untuk mengisi baterai agar daya yang masuk sesuai kebutuhan.
  • Inverter, Listrik yang dihasilkan oleh panel surya adalah arus DC sama seperti listrik yang dihasilkan Aki Baterai. Agar bisa digunakan untuk menyalakan peralatan listrik rumah tangga yang berarus AC harus digunakan inverter sebagai pengubah arus.
Baca Juga:  Jenis Pipa untuk Instalasi Listrik Rumah dan Gedung

Pada sistem yang lebih besar dan lebih rumit diperlukan beberapa peralatan tambahan untuk memaksimalkan listrik tenaga surya.

 

Biaya Memasang Listrik Tenaga Surya

Memasang listrik tenaga surya harganya sangat bervariasi. beberapa komponen yang memperngaruhi adalah merek, kualitas, dan juga kontraktor pemasang. Jika untuk trial dan eror sebaiknya kita memasang dengan modul surya yang kecil dulu dengan pemasangan sendiri bisa lebih hemat sambil mempelajari efisiensi yang dihasilkan. Sebagai Gambaran jika memasang listrik tenaga surya dengan 1000 Watt Peak perpaket bisa menelan biaya 15 Juta – 25 juta tergantung vendor pemasanganya.

Jika ingin memasang sendiri dan mencoba dengan 100 WP maka biayanya bisa ditekan mulai 2 Jutaan. Dengan acuan harga panel Surya Rp. 1.100.000 ukuran 100 WP, inverter Rp. 800.000, dan Kontroller Charge Rp. 150.000. Jika ingin menggunakan baterai atau aki untuk sistem off grid, gunakan aki dengan sistem deep cycle yang memamg dikhususkan untuk tenaga surya Harganya cukup bervariasi Mulai Rp. 1.200.000. Ada baiknya menggunakan try dan eror dulu serta mencari banyak referensi dari forum dan juga kanal-kanal tutorial.

Baca Juga:  Perbedaan Dinamo Listrik 1 Phase dan 3 Phase, Cara Kerja dan Sistemnya

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *