Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Decor >> Interior >> Membangun Kafe, Ini Konsep Interior dan Eksterior yang Harus Diperhatikan
membangun kafe

Membangun Kafe, Ini Konsep Interior dan Eksterior yang Harus Diperhatikan

Membangun Kafe, Ini Konsep Interior dan Eksterior yang Harus Diperhatikan . Kafe telah menjadi bagian dari gaya hidup urban, selain menjadi tempat nongkrong. Kafe juga menjelma menjadi tempat kerja dan tempat untuk beraktifitas produktif. Selain menyajikan minuman dan makanan yang menarik, Kafe juga menyajikan konsep ruang dan kenyamanan

Istilah kata cafe berasal dari bahasa Perancis yang berarti kopi. Orang Perancis menyebut kedai kopi dengan istilah
cafe. Perancis m enjadi salah satu Negara yang dijuluki “Negri Caffe” karena pesatnya perkembangan caffe disana dan dari Perancislah Cafe mulai tersebar luas di dunia.

Cafe atau Coffee Shop atau yang di kenal sebagai Kedai Kopi berasal dari Turki (Sekarang Istanbul). Coffee Shop pertamakali berdiri di Constatinopel di Turki (Istanbul) pada tahun 1475. Pada awalny Coffee Shop hanya menjual minuman kopi.

Coffee Shop pertama di Eropa didirikan tahun 1529. Minuman ini menjadi sangat di gemari di Eropa karena adanya ide untuk menyaring kopi dan memperhalus citra rasa minuman kopi dengan susu dan gula.

Coffee Shopdi Eropa semakin populer karena mereka tidak hanya menjual minuman kopi tetapi mula i menjual kue-kue manis danpenganan yang lainnya.

Coffee Shop pertama di Britania Inggris didirikan t ahun 1652. Di Coffee Shop ini lah istilaha kata “tips” pertama kali di gunakan. Guna menjamin servis yang cepat,sebuah toples di letakan di meja counter,orang-orang memasukan koin tips ketoples itu untuk dapat dilayani dengan cepat.

Untuk membangun sebuah kafe ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebab kita harus menyesuaikan ruang dan kenyamanan pengguna.

Baca Juga:  Membuat Dapur Industrial, Ini yang Perlu Diperhatikan

 

Membangun Kafe: Lokasi Strategis dan Nyaman

Faktor pertama yang harus diperhatikan saat membuat kafe adalah lahan dan tempat yang akan digunakan. Pastikan lahan dan tempat yang Anda pilih untuk membuat kafe berada di area yang ramai dan strategis. Tidak harus menyewa tempat mahal di mal untuk bisa menarik banyak pengunjung, Anda bisa menggunakan lokasi di pinggir jalan yang ramai.

Usahakan juga untuk membuat tempat yang nyaman untuk pengunjung. Tempat yang nyaman sangat penting untuk membuat pengunjung betah berlama-lama dan datang lagi di lain waktu. Semakin nyaman kafe Anda untuk pengunjung, semakin banyak pula pengunjung yang akan datang.

 

membangun Kafe: Konsep dan Gaya

Tidak ada kafe yang berdiri tanpa adanya sebuah konsep. Oleh karena itu, sebelum membuat kafe pastikan Anda sudah memikirkan konsep apa yang akan diusung oleh kafe Anda.

Baca Juga:  Panduan Membeli Lantai Kayu Solid dan Jasa Pemasangan

Konsep yang sudah terbentuk akan memudahkan kita saat akan membuat interior dan juga menentukan target pasar. Sebuah kafe tentunya selalu mengunggulkan kenyamanan, maka interior yang menarik dan nyaman sangat diutamakan.

 

Membangun Kafe: Perhatikan Interior

Setelah menentukan konsep, Anda dapat mulai memikirkan interior yang sesuai dengan konsep kafe. Interior yang dipilih haruslah nyaman dan membuat pelanggan betah untuk berlama-lama saat menikmati makanan dan minuman. Perhatikan juga pemilihan meja dan kursi, pencahayaan, serta warna ruangan.

 

Membangun Kafe: Konsep Eksterior

Selain interior yang menarik dan nyaman, eksterior juga merupakan faktor penting lainnya. Eksterior yang menarik merupakan hal pertama yang dilihat orang. Eksterior yang unik dan menarik akan menarik orang untuk masuk karena rasa penasaran yang mereka punya.

Baca Juga:  Backsplash Jendela untuk Kitchen Set? Keren Kok, Lihat Inspirasinya Disini

 

Membangun Kafe: Furnitur

Furnitur merupakan perangkat utama yang paling penting digunakan dalam sebuah kafe. Jadi, sebaiknya pikirkan baik-baik desain furnitur kafe Anda. Jangan asal memindahkan kursi dari toko ke ruang kafe saja. Pilih furnitur yang sesuai dengan konsep ruangan. Apakah itu kursi kayu sederhana, sofa atau yang lainnya.

Lighting kafe
Lighting kafe menentukan kenyamanan pengunjung

Membangun Kafe: Lighting

Ruangan yang nyaman juga sangat bergantung pada lighting atau pencahayaan seperti apa yang digunakan. Lighting yang baik juga akan menghasilkan foto-foto menarik yang bisa Anda sebarkan di sosial media untuk menarik lebih banyak pengunjung. Atur lighting sebaik mungkin tanpa mengganggu aktivitas pengunjung untuk nongkrong dan menikmati sajian.

 

Membangun Kafe: Corak lantai

Lantai merupakan komponen utama yang mendominasi pemandangan. Untuk itu, Anda bisa memilih untuk menggunakan lantai polos yang mampu menonjolkan aksen-aksen sederhana atau bermotif. Lantai bermotif akan dengan sendirinya menjadi dekorasi unik yang bisa memperindah interior.

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *