Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Hardware >> Memilih Handle Laci, Pintu Kabinet dan Cara Memasangnya
memilih tarikan laci

Memilih Handle Laci, Pintu Kabinet dan Cara Memasangnya

Memilih handle laci, pintu kabinet, dan cara memasang tarikan laci. Menentukan pilihan handle atau tarikan laci kabinet banyak faktor yang harus dipikirkan, bukan semata pada soal estetika namun juga pada aspek teknis dan proporsinya terhadap ukuran dan desainnya. Ada banyak jenis handle laci baik motif, bahan, dan ukurannya.

Handle motif klasik, model memanjang, bentuk knob, atau minimalis. Sementara dari segi bahan ada yang terbuat dari stainless, alumunium, kuningan, bahkan plastik sintesis. Ukuran handle juga sangat bervariasi mulai dari model knob bulat 1 sekrup, hingga panjang 9-40 cm.

 

Panduan Membeli Handle Laci

Sebelum membeli ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Pastikan handle laci atau kabinet sesuai dengan desain atau konsep furniture dan interior, desain klasik tentu akan lebih cocok dengan handle model klasik.
  • Pastikan jenis pintu kabinet yang akan menggunakan handle. Pintu geser dengan pintu swing, mempunyai bentuk yang berbeda karena proses penggeseran biasanya terjadi overlap sehingga handle tanam lebih cocok.
  • Bentuk handle ada beragam macam, apakah kita menginginkan model bundar (knob) atau model memanjang. Pastikan sesuai dengan konsep dan desain yang kita inginkan.
  • Material handle laci ada banyak ragamnya, ada yang terbuat dari stainless, terbuat dari plastik, aluminium, besi, bahkan material kombinasi seperti stainles + kayu, stainless+ batu marmer. Pastikan keawetan dan daya tahannya menjadi perhatian, jangan sampai mudah berkarat atau rapuh. Tanyakan secara detail pada penjualnya tentang kualitas dan mutu barangnya.
  • Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah ukuran, pastikan ukurannya proporsional, jika terlalu besar tentu tidak seimbang dan kurang menarik.
Baca Juga:  Jenis Kayu untuk Plafon, Kenali Karakter dan Kelebihan Ragam Jenis Kayu

 

Cara pemasangan Handle Laci atau Kabinet

Memasang handle laci sebenarnya tidak memerlukan keterampilan teknis yang rumit. Yang harus diperhatikan adalah menentukan letak posisinya agar proporsional apakan tepat di tengah atau agak sedikit keatas. Berikut ini cara pemasangan handle laci:

  • Ukur jarak antar lubang handle laci, jika menggunkan handle knob satu lubang maka akan lebih mudah, nanun jika handle bentuk panjang harus benar diukur jarang antar lubang sekrupnya. Perhatikan juga kemasan handle biasanya ada petunjuk teknis atau jarak lubang sekrupnya.
  • Buat titik pusat tepat ditengah laci sebagai pusat untuk meembantu menemukan titik keseimbangan dan buatlah lubang sekrup sesuai ukuran handle.
  • Lakukan pengeboran lubang sekrup dengan hati hati, jangan buat lubang terlalu longgar agar tidak mudah geser.
  • Jangan memberi lem saat memasang handle karena akan menyulitkan saat ingin mengganti.
  • Jika sekrup handle terlalu panjang makan bisa diberi ring pada bagian belakang atau bisa juga memotongnya sesuai ukuran.
Baca Juga:  Tips Memilih Plywood atau Triplek untuk Proyek Interior dan Hobi

 

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *