Home >> Pertukangan >> Pertukangan Cat & Finishing >> Memilih Kompresor untuk Pengecatan dan Finishing
kompresor untuk spray gun

Memilih Kompresor untuk Pengecatan dan Finishing

Memilih Kompresor untuk Pengecatan dan Finishing. Kompresor merupakan peralatan yang sangat vital untuk proses pengecatan atau finishing dengan menggunakan spray gun. Saat ini ada dua jenis spraygun yang sangat umum beredar di pasaran yaitu tipe konvensional dan type HVLP.

Tipe Konvensional atau biasanya dikenal dengan kode F misalnya F75 dan F100 membutuhkan tekanan udara yang tinggi biasanya diatas 45 psi. Sementara tipe HVLP (High volume low pressur) adalah type spray gun yang bisa menyemburkan banyak material cat meski tekanan udara rendah biasanya 20-30 psi.

HVLP saat ini mulai banyak beredar dipasaran, sebab mempunyai kualitas patern yang lebih bagus dan mampu mengakomodir berbagai viscositas (kekentalan) cat dengan baik. Lalu jika harus memilih kompresor untuk  pengecatan, spek kompresor seperti apa yang kita butuhkan?.

Baca Juga:  Politur Lenkote Wood Eco Woodstain, Teknologi Waterbase Anti UV

 

Memilih Kompresor Untuk Pengecatan: Kapasitas Aliran Udara (CFM)

Aliran udara kompresor adalah jumlah volume udara yang dihasilkan oleh kompresor dalam satuan waktu tertentu. Biasanya dihitung dalam satuan menit dalam satuan internasional bisanya disebut CFM (cubic feet per menit) atau satu kaki kubik per menit, di Inonesia lebih familiar menggunakan istilah liter per menit.

Sebagai Gambaran jika dikonversi dari tenaga kompresor bisa dibedakan sebagai berikut:

  • Kompresor 3/4 HP Biasanya kapasitas aliran Udaranya 120 Liter/menit
  • Kompresor 1 HP Biasanya kapasitas aliran Udaranya 145 Liter/menit
  • Kompresor 1,5 HP Biasanya kapasitas aliran Udaranya 175 Liter/menit
  • Kompresor 2 HP Biasanya Kapasitas Aliran udaranya 195 Liter/menit
  • Kompresor 3 HP Biasanya Kapasitas aliran udaranya 350-450 Liter/Menit
Baca Juga:  Cara Finishing Cat Duco Pada Pintu dan Furniture

yang diperlukan dalam memilih kompresor adalah kapasitas aliran udara karena biasanya kompresor terbaru misa menyemburkan tekanan udara tinggi dengan daya listrik rendah.

Lalu untuk pekerjaan finishing berapa kapasitas aliran udara yang diperlukan?. berdasarkan pengalaman dan hasil korespondensi dengan Tata Griya Kontraktor interior yang berpengalaman dalam pengecatan duco minimal aliran udara untuk kerja kontinyu adalah 190 Liter/menit. Artinya jika dikonversi dengan kapasitas spray gun akan bisa bekerja stabil dan kontinyu jika menggunakan kompresor dengan daya 2 HP keatas.

Ini berlaku untuk spraygun konvensional maupun HVLP, untuk kompresor dengan kapasitas lebih kecil tetap bisa digunakan namun jika kita gunakan spraygun dengan nozzle tip diatas 1,2mm udara akan cepat habis dan tekanan tidak optimal, atau kita harus menunggu sejenak hingga tangki penuh.

Baca Juga:  Harga Jasa Finishing Melamine Pintu, Kusen, Jendela 2018

Kata Kunci:

cara mengecat kayu dengan kompresor

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *