Home >> Home Repair >> Bathroom Repair & Reno >> Memilih Pipa Galvanis untuk Plambing Saluran Air
Pipa galvanis
Pipa galvanis

Memilih Pipa Galvanis untuk Plambing Saluran Air

Memilih Pipa Galvanis untuk Plambing Saluran Air. Pipa galvanis adalah pipa besi lunak yang dilapisi dengan timah. Ada dua cara pelapisan adalah pipa besi dicelupkan ke dalam suatu bak berisi cairan asam untuk pembersihan, kemudian dicelupkan lagi dalam suatu bak yang berisi cairan timah dengan temperatur 465º C. Cara lainnya adalah dengan proses pelapisan logam (elektro- plating).

Selama pipa galvanis terlapis timah, pipa akan tahan terhadap karat. Seperti diketahui timah adalah suatu bahan yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap karat. Apabila kualitas pelapisan sempurna, pipa galvanis akan tahan terhadap karat hingga 10 tahun. Akan tetapi bila lapisan timahnya rusak atau terkelupas akibat pengelasan, Penguliraan atau proses lain sehingga kelihatan lapisan besinya, pipa galvanis akan cepat berkarat.

Baca Juga:  Tahapan Mengecat Dinding Rumah yang Tepat dan Efisien

Pipa galvanis diproduksi dengan berbagai ukuran, baik diameter maupun ketebalan dindingnya, disesuaikan dengan kegunaannya. Ukuran yang umum dipergunakan dan banyak terdapat dipasaran adalah pipa dengan diameter ; ½” , ¾”, 1″, 1¼”, 1½”, 2″, 2½”, 3″ dan 4″ dengan ukuran panjang standar adalah 6 m.

 

Kelebihan Pipa Galvanis untuk Plambing

Dalam memilih pipa galvanis, pipa baja yang telah dilapisi dengan lapisan tipis dari seng untuk melindunginya dari korosi. Berikut adalah empat alasan mengapa memilih pipa galvanis.

  • Sebuah Lapisan Pelindung Jika dibiarkan tanpa perlindungan, besi baja akan bereaksi dengan air dan oksigen di udara. Hal ini menyebabkan karat, korosi dan akhirnya disintegrasi. Galvanisasi menambahkan lapisan seng di atas baja, dan lapisan ini bertindak sebagai penghalang yang akan membuat elemen-elemen korosif memakan waktu yang lebih lama untuk untuk mencapai baja. Lapisan ini juga tahan aus dan goresan, dan banyak yang percaya bahwa hal itu membuat baja terlihat lebih menarik.
  • Sebuah Sacrificial Layer Lapisan seng juga menawarkan perlindungan terhadap karat dengan bertindak sebagai “sacrificial layer.” Jika baja galvanis mulai berkarat, maka seng akan berkarat sebelum baja. Hal ini berlaku bahkan jika permukaan aus atau tergores. Bahkan jika pipa galvanis menunjukkan beberapa karat, sebagian besar seng harus terkorosi terlebih dahulu sebelum integritas baja pipa itu terganggu. Kedua metode perlindungan berarti bahwa baja galvanis industri dapat bertahan hingga 100 tahun.
  • Biaya, Banyak yang berpikir bahwa pipa galvanis lebih mahal, tetapi jika Anda mempertimbangkan masa pakainya, maka pipa galvanis benar-benar dapat menurunkan biaya dalam jangka panjang. Dari material sampai tenaga kerja, mengganti pipa bisa mahal. Tetapi karena baja galvanis memiliki umur yang sangat lama, pemasangan hanya harus menanggung biaya pemasangan pipa galvanis sekali.
  • Digunakan secara global dan dapat didaur ulang Pipa Galvanis dapat ditemui di mana-mana: di rumah-rumah, gedung pencakar langit, mobil, kapal, dan struktur laut lainnya yang membutuhkan perlindungan dari unsur-unsur. Selain daya tahan dan sifat anti-korosif, baja galvanis ada di mana-mana karena dapat didaur ulang dan digunakan kembali. Hal ini tidak hanya akan menguntungkan Anda, tapi juga baik untuk lingkungan.
Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Semen dan Kegunaanya

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *