Home >> Pertukangan >> Pertukangan Cat & Finishing >> Memilih Ukuran Lubang Spray Gun Sesuai Kegunaan dan Material Cat
lubang nozzle spray gun

Memilih Ukuran Lubang Spray Gun Sesuai Kegunaan dan Material Cat

Memilih Ukuran Lubang Spray Gun Sesuai Kegunaan dan Material Cat. Spray Gun yang beredar dipasaran mempunyai berbagai macam ukuran lubang atau nozzle tip. Umumnya lubang spray gun yang beredar adalah 0,8 mm, 1.0 mm, 1,4 mm, 1,7mm, dan 2 mm.

Berbagai macam ukuran lubang spray gun tersebut dibuat untuk mengakomodasi berbagai macam kebutuhan pengecatan. Secara umum bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Lubang Spray Gun 0,8-1,0 mm biasanya dipakai untuk touch up atau memperbaiki pengecatan yang mempunyai bidang pekerjaan kecil dan sempit. Lubang spray gun dengan ukuran 0,8-1,0 mm biasanya disebut dengan spray gun mini. karena biasanya mempunyai bentuk body yang kecil dengan ukuran cup 200-400 ml.
  • Lubang Spray gun 1,2-1,3 mm sangat cocok digunakan untuk pengecatan pekerjaan clear coat atau coating akhir.
  • Lubang Spray gun 1,4 mm Cocok digunakan untuk pekerjaan base coat atau memberikan cat warna dengan menghasilkan patern yang bagus.
  • Lubang Spray Gun 1,7-2,2 mm biasanya digunakan untuk cat primer setelah pendempulan. Lubangnya yang besar karena untuk mengakomodasi bahan primer yang berat dan biasanya lebih kental. Dalam praktek pengecatan biasanya digunakan untuk aplikasi Hi Epoxy filler.
Baca Juga:  Cara Finishing Cat Duco Pada Pintu dan Furniture

Jika kita membeli paket spray gun untuk starter kit biasanya terdiri dari spray gun ukuran kecil atau mini dan juga spray gun ukuran standar dengan lubang nozzle 1.2-1.7mm. Kedua spray gun ini sebenarnya sudah cukup untuk mengcover kebutuhan pengecatan.

 

Perawatan untuk Lubang Spray Gun

Lubang spray Gun merupakan bagian sensitif dari Spray Gun karena mudah tersumbat oleh material cat baik base coat maupun primer. Selain itu diantara tutup lubang spray gun terdapat lubang-lubang kecil yang mengelilimgi. Gunanya untuk membuat pola pengecatan vertikal atau horisontal.

Oleh karena itu lubang spray Gun harus senantiasa bersih dan tidak tersumbat. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga agar lubang spray Gun tetap bersih dan bisa menghasilkan patern yang optimal, diantaranya:

  • Setiap selesai melakukan pengecatan kecika wadah cat spray gun kosong, isi dengan thinner lalu goyang-goyang untuk membersihkan cat yang menempel di cup.
  • Dengan Cup terisi thinner, kendorkan pengatur keluaran cat, lalu tekan pistol spray gun agar thinnernya keluar.
  • Buka tutup nozzle dan rendam dalam cairan Thinner, pastikan lubang-lubang kecil di sekitar nozzel tidak buntu.
  • Lap Dengan kain bersih dan simpan spray gun.
  • Usahakan selalu membersihkan spray Gun tiap kali selesai digunakan, ini untuk menjaga kualitas spray Gun tetap optimal dan bersih.
Baca Juga:  Masalah dalam Pengecatan dengan Spray Gun dan Solusinya

 

 

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *