Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Decor >> Interior >> Memilih Wallpaper Dinding, Panduan Memilih Wallpaper yang Tepat
memilih wallpaper dinding

Memilih Wallpaper Dinding, Panduan Memilih Wallpaper yang Tepat

Memilih Wallpaper Dinding, Panduan Memilih Wallpaper yang Tepat. Wallpaper telah menjadi material pengganti cat yang sudah digunakan berpuluh tahun lamannya. Bahkan teknologi wallpaper terus berkembang hingga hari ini.  Berbagai motif dan bahan terus mengalami upgrade untuk memenuhi beragam keingininan konsumen.

Harga wallpaper juga bervariasi sehingga kita bisa menentukan target budget yang tepat untuk instalasinya. Selain itu pemasangan wallpaper juga relatif mudah sehingga bisa dilakukan sendiri (DIY), Panduan memasang wallpaper dinding juga tersebar di banyak artikel dan video internet.

Wallpaper dinding rumah memang memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah wallpaper tidak memiliki kandungan kimia sebanyak cat dinding sehingga aman bagi kesehatan. Selain itu, warna dan motif wallpaper sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan penghuni. Daya tahannya pun cukup lama dan ketika dilepas tidak akan merusak dinding rumah.

Namun sebelum membeli dan memasang wallpaper ada baiknya kita harus menentukan pilihan wallpaper yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih wallpaper dinding:

 

  • Menentukan Ruangan
Baca Juga:  Desain Kamar Anak Cowok yang Keren dan Futuristik

Tips yang pertama tentukan ruangan yang akan dihias dengan wallpaper. Menentukan ruang ini penting karena nantinya berkaitan dengan jenis dan motif wallpaper yang mesti Anda pilih. Hal ini karena beberapa ruang mempunyai karakteristik dan fungsi yang berbeda. Misalnya kamar tidur, ruang tamu, dan lainnya. Wallpaper kamar tidur sebaiknya mampu menghadirkan suasana tenang agar mengoptimalkan waktu istriahat penghuni kamar. Sementara pada ruang tamu sebaiknya dipilih wallpaper dinding rumah lebih eksplorer.

  • Mengukur Luas Ruangan

Luas ruangan juga menjadi satu faktor penting dalam pemilihan motif wallpaper yang tepat. Misalnya saja pada ruangan berukuran kecil bisa menggunakan wallpaper bergaris horizontal untuk menghadirkan kesan ruang yang lebih luas. Bila luas ruang memang cukup terbatas tidak dianjurkan pula memilih motif berukuran besar karena dapat menambah kesan sempit ruangan. Sebaliknya pada ruangan yang cukup luas sebaiknya dipilih wallpaper warna hangat dan gelap seperti warna cokelat untuk membangun kehangatan dan kenyaman di dalam ruang.

  • Pemilihan Warna

Pemilihan warna wallpaper secara tidak langsung dapat mempengaruhi perasaan penghuni. Beberapa warna diketahui dapat membangkitkan semangat dan gairah misalnya warna merah dan biru. Oleh karena itu, selektif memilih warna yang tepat. Sebagai tips Anda bisa memilih warna dingin seperti gradasi warna hijau atau biru untuk wallpaper dinding rumah Anda. Namun, untuk rumah berkonsep klasik modern tidak ada salahnya juga memilih wallpaper warna cokelat atau warna gelap lain untuk menojolkan kesan klasik yang ingin dibangun.

  • Memilih Motif Wallpaper
Baca Juga:  Denah 3D Rumah 2 Bedroom yang Bisa Jadi Referensi

Permainan motif wallpaper pada suatu ruang dapat membuat tampilan ruangan semakin menarik. Adapun pemilihan motif berkaitan dengan tema ruang yang ingin diusung. Pada ruang tidur misalnya, utamakan memilih motif kecil dengan warna lembut untuk menghadirkan kesan menenangkan. Sebaliknya hindari motif wallpaper berpola besar dengan warna kontras.

  • Memilih Jenis Wallpaper

Ada banyak jenis wallpaper yang dipilih. Hal ini berkaitan dengan bahan yang digunakan untuk membuat wallpaper atau kertas dinding. Dalam hal ini Anda mesti mengetahui jenis wallpaper apa saja yang baik dan berkualitas. Selain itu, pertimbangkan pula memilih jenis wallpaper yang mudah dirawat dan awet tahan lama.

  • Melihat Plafon Ruangan

Jarak plafon pada ruangan di tiap tiap rumah juga merupakan salah satu yang harus di perhatikan sebelum memilih wallpaper dinding ruangan khususnya ruang tamu. Memang benar kita sudah tau luas beserta ukuran pada ruangan yang akan di desain. Tetapi jangan lupa melihat jara plafon ruangan kita. Apakah jarak plafon terbut tinggi atau bahkan sangat dekat. Dengan melihat hal itu kita tahu bahwa wallpaper yang digunakan memiliki konsep yang berbeda.

  • Pencahayaan Ruangan
Baca Juga:  Elemen Dasar Interior, Teori Dasar Desain Interior

Pencahayaan yang ada di suatu ruangan juga bisa mempengaruhi pemilihan wallpaper dinding rumah. Untuk ruangan yang tidak mendapatkan banyak cahaya, pilihlah wallpaper berwarna terang. Untuk kamar tidur yang pencahayaannya lembut dan hangat, tidak masalah menggunakan wallpaper berwarna terang. Beberapa warna yang cocok untuk kamar tidur dengan pencahayaan lampu yang hangat adalah kuning, oranye, kuning gading, dan emas.

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *