Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Urban Skill >> Pengelasan & Welding >> Mengelas Plat Tipis, Problem dan Solusi Mengelas Plat Tipis
Mengelas Plat Tipis

Mengelas Plat Tipis, Problem dan Solusi Mengelas Plat Tipis

Mengelas Plat Tipis, Problem dan Solusi Mengelas Plat Tipis. Plat besi dikatakan tipis jika ketebalannya kurang dari 2 mm. Mengelas plat tipis cukup sulit jika dilakukan dengan las Stik (SMAW) sebab panas yang digunakan untuk melelehkan rod filler terkadang masih cukup tinggi dan mengakibatkan lubang pada plat.

Solusi pengelasan plat tipis sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan las TIG (GTAW) sebab rod fillernya berupa kawat tipis dan panasnya bisa diatus dengan akurat. Namun, karena harga alat dan mesin las TIG masih cenderung mahal maka banyak yang menggunakan las stik.

Mengelas Plat tipis dengan las listrik Stik (SMAW) masih bisa dilakukan namun harus dengan kehati-hatian dan ketelitian. Sebab kita tidak bisa menggeber dengan cara bypass namun harus melakukan titik-titik silang agar plas tidak lubang.

Baca Juga:  Posisi Pengelasan, Berbagai Macam Posisi dalam Proses Pengelasan

 

Alat dan Bahan untuk Mengelas Plat Tipis

  • Plat besi yang akan dilas
  • Kawat las ukuran 2 mm
  • Mesin las Stik (SMAW)
  • Pelindung mata
  • Kaus Tangan
  • Masker kimia

 

 

Panduan Mengelas Plat Tipis

 

  • Siapkan plat besi yang ingin Anda sambung menggunakan teknik las. Bersihkan permukaan plat tersebut dari debu dan kotoran. Gunakan sikat baja agar karatnya ikut terkelupas dan hilang. Pastikan kondisinya sudah benar-benar bersih karena kotoran dapat mengurangi daya rekat yang terbentuk dari pengelasan.
  • Pasanglah kawat las yang berukuran 2 mm ke bagian setang pada mesin las. Kemudian atur ukuran ampere pada mesin las tersebut di kisaran 25-35 A.
  • Kini waktunya untuk menyambungkan kedua plat besi yang akan disambungkan. Hati-hati saat melakukan pengelasan. Jangan sampai Anda mengerjakannya terlalu lama sebab justru akan mengakibatkan plat tersebut meleleh atau pun berlubang.
  • Metode yang paling baik diterapkan untuk mengelas plat tipis yaitu jangan pernah digeber, dilakukan tig saling silang, maupun ditekan terlalu kuat. Alangkah baiknya jika pengelasan dilakukan secara mengambang antara media yang akan dilas dengan kawat las.
  • Setelah pekerjaan tig selesai, Anda bisa memeriksa hasil sambungan yang terbentuk dengan memukul tali las yang menempel. Cek apakah hasilnya sudah cukup padat atau masih ringan? Bila masih ringan tandanya pengelasan yang Anda kerjakan belum berhasil.
  • Beberapa penyebab yang dapat merusak kualitas pengelasan plat tipis di antaranya proses tig dilakukan terlalu renggang, daya listrik yang digunakan tidak stabil, ketidakhati-hatian dalam bekerja, dan lain-lain
  • Mengelas Plat tipis membutuhkan proses yang berulang untuk memperoleh feel yang pas, lakukan banyak latihan agar terbiasa.
Baca Juga:  Mesin Plasma Cutting, Alat Pemotong Logam Murah Tanpa Gas Berbahaya

 

 

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *