Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Pengetahuan kayu >> Mengenal Kayu Bengkirai, Kegunaan dan Harga Kayu Bengkirai
Harga kayu bengkirai
Kayu Bengkirai atau Yellow Balau

Mengenal Kayu Bengkirai, Kegunaan dan Harga Kayu Bengkirai

Mengenal Kayu Bengkirai, Kegunaan dan Harga Kayu Bengkirai. Kayu yang memiliki nama lain Yellow Balau atau Balau ini banyak ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Filipina. Di Indonesia, Kayu ini banyak dipasok dari hutan Kalimantan.

Kayu Bangkirai dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diameter hingga 120 cm. Kayu ini bewarna kuning kecoklatan dengan kekerasan antara 880-990 kg/m3 hingga 1050 kg/m3 pada kekeringan 12%. Pada suhu normal Kayu Bangkirai dapat kering dalam waktu 12 hari hingga 1 bulan.

Ikatan antar serat yang kuat dan mudah diolah menjadikan kayu ini cocok untuk decking, outdoor furniture, dan berbagai keperluan konstruksi lainnya namun pada beberapa jenis bangkirai seratnya cenderung mudah terbuka dam mudah melintir sehingga tidak disarankan dipergunakan pada konstruksi yang membutuhkan kestabilan tinggi.

Baca Juga:  Pengeringan Kayu, Panduan Teknis Pengeringan Kayu dengan Kiln Dryer

Kayu Bangkirai cukup terkenal didunia perkayuan dengan tingkat keawetan dari kelas I hingga kelas III dan Kelas Kuat I dan II. Kayu Bangkirai memiliki berat jenis rata-rata 0.91.

 

Kegunaan Kayu Bengkirai

Serat Bengkirai yang padat dan warna yang dominan kuning terang sangat disukai untuk outdoor furniture. Selain itu, Keindahan warnanya membuat bengkirai banyak digunakan untuk lantai kayu dan decking. Penggunaan bengkirai untuk decking dan lantai kayu memerlukan proses pengeringan untuk stabilisasi agar tidak susut dan memuai.

Setelah cukup kering Bengkirai bisa diolah menjadi beragam produk, jika untuk lantai kayu Bengkirai perlu diproses dengan mesin moulding dengan jenis T&G. Jika bengkirai digunakan untuk decking biasanya dimoulding dengan pola reeded anti slip.

Baca Juga:  Kayu Jati Belanda, Harga Kayu Pinus dan Proses Pengolahannya

Selian Itu kayu bengkirai juga banyak digunakan untuk konstruksi berat seperti atap, jembatan, bantalan rel kereta, Perumahan, perkapalan dan juga karoseri bak truk.

 

Pengeringan dan Pengerjaan Kayu Bengkirai

Papan bengkirai dengan tebal 2,5 cm dan 4 cm bila dikeringkan dalam mesin oven kayu memerlukann waktu 9-12 hari untuk mencapai kadar air 15%.

Bengkirai termasuk sulit dikeringkan karena mudah retak, pecah, dan berubah bentuk. Suhu ideal untuk pengeringan bengkirai adalah 43 -71 derajat celcius.

Mengenai pengerjaan kayu bengkirai, meskipun cukup keras bengkirai tidak begitu sulit untuk dikerjakan, mudah dipotong dan dibentuk. Selain itu juga cukup mudah di finishing karena permukaannya yang licin. Untuk pemakuan sebaiknya di bor dahulu agar tidak pecah.

Baca Juga:  Membuat Kayu Tahan Air Dengan Bahan Alami Tanpa Pelapis Kimia

 

Harga Kayu Bengkirai 2018

  • Harga Bengkirai ukuran balok square 10×20 atau 20×20 panjang 4 meter Rp. 8.300.000 FOB Surabaya dan Gresik
  • Harga papan 4×12 atau 4×15 panjang 4 meter Rp. 9.000.000
  • Harga Decking Bengkirai Kualitas eksport 1,9x9x180-390 cm

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *