Home >> Pertukangan >> Pertukangan Kayu >> Mengenal Mesin Router, Trimmer, Profil dan Kegunaannya
jenis mesin router dan trimmer

Mengenal Mesin Router, Trimmer, Profil dan Kegunaannya

Mengenal Mesin Router, Trimmer, Profil dan Kegunaannya. Mesin router memiliki fungsi untuk membuat macam-macam profil, sponing kusen pintu maupun jendela , alur, dan meratakan pinggir kayu

Mesin router tangan digunakan untuk membuat profil, memingul benda kerja, meratakan pelapis sintetik (formika), membuat alur dan banyak pengerjaan lainnya. Jenis pengerjaan menentukan jenis pisau yang digunakan.

Prinsip dasarnya mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

Baca Juga:  Memilih Dinamo untuk Table Saw

Mesin router mempunyai dua ukuran utama yatu mesin router dengan Collet (as) 12 mm dan mesin router yang mempunyai AS (gagang) 6 mm, mesin router dengan As 6mm biasa disebut dengan mesin trimmer.

Mesin router bisa mempunyai beragam fungsi sesuai dengan mata router yang digunakan. Pada artikel yang lain akan kami ular tentang bermacam jenis mata router dan fungsinya.

Mesin router yang beredar mereknya sangat beragam mulai dari Makita, Bosch, Maktek, Dewalt, Skill, Modern, Bitech.

Meja Router
Inovasi Mesin router bida menggunakan meja yang mempermudah pekerjaan karena labih akurat

Selain penggunaanya secara handheld (dipegang tangan) mesin router juga bisa diterapkan dengan mengunakan meja sebagai dudukan. Meja router ini akan sangat mempermudah pekerjaan karena hasilnya lebih presisi dan stabil. Meja router selain yang buatan pabrk juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kayu atau plywood.

Baca Juga:  Mengenal Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer

Ragam Jenis Mata Router

berbagi jenis mata profil kayu
Aneka jenis mata router dan profil kayu yang beredar di pasaran

Untuk Mengetahui Lebih Detail tentang Mesin Router Silahkan Simak Video Dibawah Ini

 

Kata Kunci:

perbedaan mesin router dan trimmer,jenis mata profil dan fungsinya,jenis mata profil kayu dan fungsinya,jenis mata pisau mesin profil kayu,mata pisau mesin profil,mata profil kayu,mata mesin profil,jenis mata profil,perbedaan mesin trimmer dan router,mesin router,jenis mata profil kayu,mata profil,kegunaan mesin router,aneka mesin profil kayu,fungsi mesin router,macam macam pisau profil,mata router makita,fungsi trimmer,cara menggunakan mesin profil kayu,cara menggunakan mesin router,harga mata profil,jenis mata router kayu,mata trimmer kayu,jenis mesin profil kayu,kegunaan mesin jointer

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

4 comments

  1. Terima kasih artikelnya,
    Kalau bit dengan ukuran pisau 2 inch (5cm), sebaiknya pakai router dengan power berapa? ada rekomendasi merek dan besar HP motor router?

  2. Router yang ada di dalam video, bisa dipakai untuk granite, beton dan marble nggak?
    Apakah sama routernya untuk kayu dan batuan tersebut?
    Salam,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *