Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Urban Skill >> Pengelasan & Welding >> Panduan Keselamatan Kerja untuk Aktifitas Pengelasan (Welding Safety)
keselamatan kerja juru las

Panduan Keselamatan Kerja untuk Aktifitas Pengelasan (Welding Safety)

Panduan Keselamatan Kerja untuk Aktifitas Pengelasan (Welding Safety). Meskipun peralatan pengelasan atau welding semakin canggih dengan beragam inovasi untuk meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan, namun mengikuti prosedur keselamatan kerja adalah hal wajib. Aktifitas pengelasan termasuk salah satu kegiatan yang beresiko karena berkaitan dengan kelistrikan dan proses pemanasan. oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan aktifitas pengelasan.

Selain itu, proses pekerjaan welding yang mengandalkan proses pembakaran elektroda juga berisiko menyebabkan kerugian kesehatan jangka panjang jika tidak terlindung dengan baik, diantaranya kerusakan kornea mata, kerusakan paru-paru, gagal ginjal, dan masalah kesehatan reproduksi. Berikut ini gambar resiko pekerjaan pengelasan.

Resiko penyakit tukang las atau welder

Diantaranya:

 

Welding Safety: Selalu menggunakan alat alat keselamatan anda.

Sebelum Anda berpikir tentang welding (pengelasan), pastikan Anda memiliki perlengkapan yang tepat. Alat alat keselamatan dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra kepada tukang las ketika mereka mengelas. Perlengkapan tersebut termasuk jaket tahan api, kacamata keselamatan, sarung tangan las dan helm las yang telah disetujui.

Helm telah lama ditemukan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk mempermudah pekerjaan, carilah helm auto gelap . Masker las dan kacamata yang dirancang untuk melindungi mata dan wajah dari sinar UV yang berbahaya yang dihasilkan ketika pengelasan dilakukan. Sarung tangan las dirancang untuk melindungi tangan Anda, lengan dan pergelangan tangan dari setiap percikan api liar atau memerciki yang terjadi saat pengelasan. Sebuah apron las, mantel dan celana panjang memberikan perlindungan untuk tubuh bagian atas dan kaki.

Baca Juga:  Mengenal Kabel Las SMAW dan Bagian-bagiannya

 

Welding Safety: Bekerja dalam area ventilasi yang baik

Ventilasi merupakan komponen kunci untuk tetap aman saat Anda mengelas. Ini termasuk melakukan setiap pengelasan di daerah yang terdapat banyak udara segar. Jika ada pintu atau jendela di area kerja Anda, Anda harus membiarkan pintu atau jendela tersebut tetap terbuka. Hal ini akan memungkinkan udara segar bersirkulasi dan mengurangi jumlah asap beracun yang akan mengenai Anda. Jika Anda harus mengelas di daerah dengan ventilasi yang minimal atau buruk, Anda harus mengenakan respirator pribadi.

 

Welding Safety: Waspadalah terhadap lingkungan sekitar anda.

Tukang las selalu perlu mengetahui bahan dan peralatan apa yang ada di sekitar mereka sehingga mereka dapat menentukan tindakan pencegahan dan perubahan apa perlu dilakukan sebelum mereka mulai mengelas. Jika Anda harus bekerja di daerah yang terdapat banyak lalu lintas pejalan kaki, Anda mungkin ingin menggunakan layar las untuk melindungi rekan kerja Anda dari paparan sinar UV yang berbahaya dan percikan api yang diproduksi las.

 

Keselamatan Kerja saat Proses Pengelasan

Dari 4 macam proses welding yang tersedia, Stick Welding merupakan proses welding yang cocok digunakan bagi pemula. Berikut informasi tentang Stick Welding dan proses welding lainnya        :

  • Stick (juga disebut SMAW) Stick Welding sering dijadikan pilihan terbaik untuk perbaikan yang cepat dan sering digunakan sebagai proses welding pertama yang banyak pemula pelajari. Sangat mudah untuk mengatur proses tersebut dan seperti namanya, menggunakan elektroda tongkat seperti Excalibur 7018, sehingga Anda tidak memerlukan kawat pengumpan lagi. Tongkat lebih lambat dari MIG welding, tetapi lebih sering terbiasa ketika bekerja dengan kotor atau berkarat logam. Tongkat tidak dianjurkan untuk pekerjaan seperti pengelasan logam.
  • TIG Welding (tungsten inert yang gas) lebih disukai untuk pekerjaan arsitektur atau pekerjaan otomotif di mana pengelasannya harus terlihat baik. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mengelas logam menjadi tipis dan menjadi seperti lembaran hingga terlihat mulus. Pada skala kesulitannya, TIG biasanya dianggap yang paling sulit untuk kuasai atau dipelajari, tapi hal itu tidak akan menjadi sulit jika Anda selalu menempatkan usaha Anda ke dalamnya.
Baca Juga:  Mengelas Plat Tipis, Problem dan Solusi Mengelas Plat Tipis

 

  • Ada dua jenis kawat las: MIG (metal inert yang gas) dan flux-cored. Las MIG bergantung pada aliran konstan shielding gas untuk melindungi las dari kontaminasi. Gas plumbed ke dalam welding gun dari botol gas. Keterbatasan pengelasan MIG adalah bahwa hal ini sulit untuk menggunakannya di luar ruangan (karena angin dapat menerbangkan shielding gas Anda), dan Anda harus mengangkut botol gas disekitar. Las flux-cored menggunakan kawat yang dirancang khusus untuk digunakan dengan atau tanpa shielding gas tergantung pada kawat yang digunakan. Beberapa dirancang untuk digunakan tanpa gas (self-shielded) yang sering direkomendasikan untuk pekerjaan luar.

Pengelasan bisa menjadi profesi yang sangat bermanfaat ataupun dapat dijadikan sebagai hobi Anda. Bagi pemula dalam Welding,  Anda hanya harus memastikan bahwa Anda melakukannya dengan aman dan efektif. Dalam rangka memastikan hal tersebut Anda harus dilengkapi dengan semua peralatan yang tepat dan informative, seperti yang telah dijelaskan diatas. Pastikan untuk membaca artikel ini bagi para pemula yang ingin lebih mengetahui berbagai proses welding yang mudah bagi pemula ataupun hal hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga:  Pentingnya KacaMata Las Otomatis untuk Welder

Sumber                  :

https://feltmagnet.com/sculpture/Expand-Your-Arts-and-Crafts-Potential-with-Mixed-Media-Projects

Kata Kunci:

safety pengelasan,bahaya las dan cat,Ventilasi yang baik saat mengelas,Saftey tukAng las,safety untuk pengelasan,safety pekerjaan pengelasan,safety induction khusus bidang pengelasan,safety induction di bidang pengelasan,resiko pertukangan kayu,prosedur safety pengelasan,peralatan safety welder,pedoman keselamatan kerja pada las listrik,keselamatan kerja yang perlu diperhatikan dalam melakukan perkerjaan las listrik,keselamatan kerja pada mesin cutting plssma,keselamatan dalam las listrik,kabel las terbuka safety,hal yang perlu diperhatikan berkaitan dgn keselamatan kerja las listrik,hal hal yg harus dilakukan untuk keselamatan kerja las,ventilasi yang tepat untuk pengelasan

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

One comment

  1. bermanfaat sekali untuk pekerja lapangan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *