Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Urban Skill >> Pertukangan Kayu >> Panduan Menggunakan Mesin Router dan Profile untuk Pemula Agar Aman
cara menggunakan mesin router

Panduan Menggunakan Mesin Router dan Profile untuk Pemula Agar Aman

Menggunakan Mesin Router dan Profile untuk Pemula. Bagi pengguna newbie, router tampak seperti mesin yang cukup sederhana — sebuah motor dengan mata profil, skalar, dan beberapa pegangan. Ketika motor dihidupkan, pendapat Anda mungkin mulai berubah. Anda merasakan gaya dorong saat motor berputar. Suaranya terdengar nyaring dan ketika kita mulai menyentuhkan mata router ke papan terasa mesin router susah dikendalikan.

Pengguna baru dari mesin router mudah-mudahan menaklukkan rasa takut mereka dan belajar menggunakan alat yang luar biasa ini. Router dapat membuat berbagai bentuk kayu mulai bevel, T&G, Slot, banhkan lubang purusan.

Jadi mengapa router itu menakutkan? Faktor ketakutan semuanya bermuara pada kurangnya pengetahuan. Jadi mari kita tinjau dasar-dasar mesin router. Jika Anda adalah pengguna pertama, kami akan menunjukkan cara untuk menghindari rasa takut  itu. Jika Anda telah menggunakan router untuk sementara waktu, teruslah membaca. Anda pasti belajar sesuatu yang baru.

 

Berikut adalah Panduan Menggunakan Mesin Router:

 

  • Selalu Pakai Pelindung Mata dan TelingaRouter menggunakan motor universal yang besar dan bersuara keras. Pelindung pendengaran dianjurkan ketika suara melebihi 85 desibel. Beberapa router dapat melebihi 100 desibel, jadi selalu gunakan pelindung pendengaran bahkan jika Anda menggunakan router yang paling tenang.

    Router dapat melemparkan serpihan kayu dalam jumlah besar juga, dan Anda sering harus melihat dari dekat hasilnya. Jadi pelindung mata juga suatu keharusan.

 

  • Cabut Kabel Saat Mengganti mata ProfilLepaskan router Anda setiap kali Anda ingin mengganti mata profil, dan setelah selesai, periksa kembali bahwa sakelar mati sebelum mencolokkannya kembali. Beberapa router memiliki pengaman yang membantu Anda menghindari membuat kesalahan ini, meletakkan steker antara motor dan sakelar di pegangan.

 

  • Pastikan Mata Router Terkunci KencangKetika memasang mesin router, bersihkan sisa serpihan kayu dari collet (perangkat holding atau klem untuk mata router). Kedua, jangan biarkan bagian bawah cuma masuk sedikit di dalam collet. Tarik ke atas 1/8-inci sebelum mengencangkan. Terakhir, selalu tarik ekstra ketika Anda mengencangkannya untuk memastikannya aman.

 

  • Selalu Buat Test PenggunaanSelalu pastikan Anda telah menyiapkan router dengan benar dengan membuat tes sebelum digunakan. Jangan mengambil risiko merusak bagian yang sudah selesai dengan kesalahan yang dapat dengan mudah dihindari.

 

  • Jangan Biarkan terlalu PanasMenggunakan mesin router secara simultan dan terus menerus akan menghasilkan panas yang berlebih. Lebih baik berhenti sejenak jika panas yang dihasilkan terlalu tinggi.

 

  • Gunakan Klem Saat bekerja dengan Bidang KecilJangan pegang router dengan satu tangan dan tangan yang lain memegang bidang kerja karena sangat berbahaya. Selalu menjaga kedua tangan tetap di router.

 

  • Jangan Menyalakan router saat Mata Profile Masih Menyentuh Bidang kayuJika mata router bersentuhan dengan bidang kayu jangan langsung menyalakan karena akan menimbukan cacat pada kayu. Selain itu jika tidak stabil bisa terpental. Saat ini untuk mengamankan situasi tersebut banyak mesin router yang dibuat soft start. Start dimulai dengan lembut sehingga tidak berbahaya.

 

  • Perhatikan Arah Putar RouterPerhatikan arah putar mesin router karena jika terbalik akan merusak pekerjaan Anda.

 

  • Gunakan Kecepatan yang TepatPerhatikan jika mesin router Anda mempunyai pengatur kecepatan, jika menggunakan bidang kerja yang besar dan dalam gunakan kecepatan tinggi dan juga sebaliknya. Mata Profil yang lebih kecil bekerja paling baik pada kecepatan yang lebih cepat sementara Mata profil yang lebih besar bekerja paling baik dengan lebih lambat.

 

  • Gunakan Pemotongan Ganda dan BerulangJika ingin membuat alur mata router yang dalam. Sebaiknya tidak langsung memotong sesuai kedalaman jika ingin membuat profil yang dalam, buat dulu profil yang agak rendah lalu ulangi lagi sehingga mesin router tidak bekerja terlalu keras.

 

Ingin Mengetahui Panduan Menggunakan mesin Router Lebih Detil Silahkan Simak Video Berikut Ini:

 

Komentar

comments

Baca Juga:  Baut Knock Down Furniture dan Cara Memasang Sekrup Knock Down

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *