Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Decor >> Eksterior >> Perbedaan Pintu Kayu Solid, Pintu Holow (Flush), dan Pintu Solid Enginering
Pintu Solid engineering
Pintu Solid engineering

Perbedaan Pintu Kayu Solid, Pintu Holow (Flush), dan Pintu Solid Enginering

Perbedaan Pintu Kayu Solid, Pintu Holow (Flush), dan Pintu Solid Enginering. Perkembangan dunia konstruksi telah memberikan banyak pilihan kepada konsumen untuk memilih materal yang tepat termasuk pintu. Saat ini di pasaran ada beberapa jenis pintu yang berredar dan banyak digunakan, yaitu Pintu kayu Solid, Pintu kayu Holow (Flush Door), dan pintu kayu solid engineering.

Perbedaan material dan proses pembuatan mengakibatkan perbedaan kualitas dan juga harga. Selain itu ketiga pintu tersebut memiliki perbedaan kualitas. Lebih detilnya kami ulas sebagai berikut:

Pintu Kayu Solid (Kuat, Awet, tapi harga tinggi)

Pintu kayu solid terbuat dari kayu alam yang diproses dengan menggunakan mesin ataupun buatan tangan.Pintu kayu solid tersesun dari beberapa elemen kayu yang tersambung untuk membentuk sebuah unit pintu yang utuh. Pintu kayu solid mempunyai beberapa kelebihan diantaranya:

  • Cocok digunakan untuk interior dan eksterior karena tahan terhadap cuaca dan perubahan suhu (pastikan membeli pintu kayu yang sudah di oven).
  • Mampu meredam suara dengan baik karena serat kayu yang rapat.
  • Kuat dan tahan lama, terutama yang terbuat dari kayu jati, meranti, nyatoh, bengkira, dan kamper.
  • Memiliki tektur alami dan elegan saat difinishing.
Baca Juga:  Arsitektur Gotik, Mengenal Arsitektur Gotik yang Sempat Merajai Eropa

 

Pintu Hoollow atau Flush Door

Merupakan pintu kayu yang dalamnya kosong (sebenanrnya tidak selalu kosong karena kadang diisi dengan kertas honeycomb ataupun gabus). masyarakat biasanya mengenakl dengan istilah pintu triplek atau pintu hdf, sebab biasanya pintu flush atau hollow menggunakan material pleapis dari plywood atau hdf.

Beberapa Karakter dari pintu hollow atau flush door adalah:

  • Harga murah
  • Cocok untuk interior dan tidak cocok untuk eksterior atau pintu luar.
  • Tidak mampu meredam suara dengan baik, suara dari luar bisa tembus kedalam.
  • Kurang awet
  • Memberikan banyak pilihan finishing mulai dari veneer, cat duco, melamin, hdf, HPL dll.

 

Pintu Kayu Solid Engineering

Merupakan pintu kayu yang terbuat dari kayu solid yang sudah mengalami proses engineering di pabrik seperti proses laminating dan pelapisan veneer. Karakter dari pintu solid engineering adalah:

  • Cocok untuk pintu interior (sebagian cocok untuk eksterior jika tidak dilapis veener)
  • Harga Tinggi
  • Sangat stabil dan tidak mudah bengkok.
  • Peredam suara yang sangat baik.
  • Penampilan elegan karena biasanya dilapisi veneer beragam motif kayu.
Baca Juga:  Mengenal Batu Kapur Limestone Atau Calcium Carbonate di Dunia Konstruksi

 

Pilihan atas ketiga pintu tersebut tentu harus disesuaikan dengn peruntukan dan target biaya yang Anda Miliki.  Pastikan jika membeli pintu kayu solid terbuat dari kayu yang sudah di oven (Kiln Dry) dengan kadar air 12%-14% karena jika tidak maka pintu mudah melengkung, retak sambungan, dan sulit ditutup akibat muai dan susut kayu.

Kata Kunci:

apa itu engineering door,bahan pembuatan engineering door,Beda pintu kayu solid dengan enginered door,pintu solid,pintu solid enginering,pintu solif enginer,trik mmbuat pintu flush door,tutorial tukang bangunan

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *