Home >> Decor >> Interior >> Ragam Pilihan Lantai kayu Keras untuk Hunian Tropis
Lantai Kayu Keras
Lantai Kayu Keras

Ragam Pilihan Lantai kayu Keras untuk Hunian Tropis

Ragam Pilihan Lantai kayu Keras untuk Hunian Tropis. Indonesia kaya akan sumberdaya alam termasuk berbagai jenis kayu. Berbagai kayu biasa digunakan untuk furnitur dan konstruksi, namun pada perkembangannya banyak hunian yang juga menggunakan kayu sebagai lantai. Ada beberapa jenis kayu keras yang cukup baik kualitasnya jika digunakan untuk lantai, berikut ini adalah jenis-jenisnya:

  • Lantai Kayu Jati, Tidak bisa disangkal lantai kayu jati mempunyai performa yang sangat bagus. Kelas awet dan kekuatannya berpadu dengan keindahan serat yang menawan. Kayu jati bisa difinishing dengan warna natural yang mengekspose sisi keindahannya.
  • Lantai Kayu Merbau, Lantai kayu merbau termasuk lantai kayu yang sangat kuat dan keras. Warna lantai kayu merbau mulai dari kuning terang hingga merah tua kehitaman. Kayu merbau banyak ditemukan dikawasan Indonesia Timur khususnya papua.
  • Lantai Kayu ulin, Lantai kayu ulin terkenal dengan warnanya yang agak kekuningan eksotik. kayu ulin sangat keras sehingga dulu banyak digunakan sebagai konstruksi dan bantalan rel kereta. Selain untuk lantai, kayu ulin juga bisa digunakan untuk decking. Kayu Ulin Banyak ditemukan di Daerah kalimantan.
  • Lantai Kayu Bengkirai, Lantai kayu bengkirai mempunyai warna kuning cenderung krem terang. Karakter kayunya keras, awet, dan tahan lama. Bengkirai, banyak ditemukan didaerah kalimantan.
  • Lantai Kayu Kumea, Lantai kayu kumea mempunyai warna kuning-orange sangat cantik dan indah. Kayu kumea juga sangat keras hampir mirip bengkirai. kayu kumea banyak ditemukan didaerah Sulawesi.
  • Lantai Kayu Sonokeling, Lantai kayu sonokeling saat ini banyak diburu oleh pembeli luar negeri. Warna kayunya dengan corak coklat tua hingga hitam sangat menawan. Selain itu kayu Sonokeling juga termasuk kayu yang cukup sulit diperoleh karena persediaannya di alam semakin menipis.
Baca Juga:  Mengenal Void dan Fungsinya Dalam Hunian Interior

Dipasaran lantai kayu digrading menjadi 3 kriteria umum, yaitu:

  • Lantai Kayu Grade A: Lantai kayu Grade A mempunyai kualitas super, serat seragam, bebas dari cacat kayu termasuk mata, gubal, dan pinhole.
  • Lantai Kayu Grade B: Lantai kayu Grade B mempunyai kualitas dibawah kayu greade A, biasanya sisi atas (face) aja yang mulus sementara dibagian bawah masih terdapat cacat kayu.
  • Lantai Kayu Grade C (rustic): Lantai Kayu Grade C biasanya memperlihatkan hampir semua cacat kayu, termasuk lubang, pinhole, sapwood tapi tidak pecah.

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *