Home >> Tips & Trik >> Sudahkah Table Saw-mu di Tune Up?

Sudahkah Table Saw-mu di Tune Up?

Sudahkah Table Saw-mu di Tune Up?. Istilah tune up sering kita dengan dalam istilah otomotive, secara umum tune up berarti di servis atau di set ulang agar penggunaannya seperti baru pertama dipakai. Tune up table saw penting untuk menjaga akurasi dalam hal pemotongan serta menghindari kerusakan.

 

Kapan Table Saw Harus di Tune Up?

Jika kita sering menggunakan table saw, ada kalanya kita menemukan beberapa indikasi yang harus menjadi perhatian. Misalnya pagar pembatas (fence) tidak paralel dengan mata gergaji. Bunyi klitik-klitik atau suara yang terlalu keras saat terjadi putaran. Mata pisau gergaji  yang berputar dengan sedikit goyang. Ataupun hasil gergajian yang menimbulkan bekas seperti hitam terbakar. Semua itu menjadi indikasi bahwa table sawmu perlu segera di tune up atau di servis.

 

Tune Up Table Saw: Mulai Dari Mata Gergaji

Langkah pertama untuk menyetel Table Saw adalah melihat-lihat dengan baik mata gergaji Anda. Pisau harus tajam, relatif bebas dari noda karat dan sangat rata. Anda bisa menentukan apakah pisau itu rata dengan melihat mata pisau melambat setelah Anda mematikan gergaji.

Saat pisau melambat (dan mendekati titik di mana ia berhenti), kemungkinan besar Anda akan melihat “goyangan” di mata pisau. Jika bilahnya bergetar, perlu diganti.

Baca Juga:  50 Perkakas yang Sebaiknya Dimiliki Pemilik Rumah

Jika ada noda dan karat yang berlebihan pada mata pisau, cobalah beberapa saran dalam Melepaskan Pitch From Blades untuk membersihkan pitch dari pisau.

 

Tune Up Table Saw: Sejajarkan Pisau Mata Gergaji


Dengan pisau tajam dan datar yang terpasang dengan benar pada gergaji Anda, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa mata pisau sejajar dengan Lubang slot paralel (bentuknya lubang lurus di kanan kiri mata pisau). Untuk memeriksa keselarasan blade, angkat pisau setinggi mungkin.

Pilih satu gigi pada pisau, dan putar pisau sampai mata gergaji itu sejajar dengan meja di sisi pisau yang paling dekat dengan bagian depan gergaji. Ukur dari karbida ke satu slot miter dan perhatikan jaraknya. Kemudian, putar pisau sampai karbida yang dipilih berada pada tingkat meja di bagian belakang gergaji, dan ukurankan lagi. Jika jaraknya tidak sesuai, sesuaikan motor sesuai manual gergaji.

 

Baca Juga:  Solusi Memperbaiki Dinding yang Retak

Tune Up Table Saw:  Sejajarkan Pagar Rip Table Saw

Dengan motor & blade sejajar, selanjutnya kita akan memeriksa keselarasan pagar rip. Jika pagar rip tidak selaras dengan mata gergaji, gergaji akan lebih cenderung untuk kickback, situasi yang sangat berbahaya.

Karena kita tahu bahwa pisau sekarang benar-benar selaras dengan slot pemindai, kita akan menyelaraskan pagar ke slot pemindai. Berdiri tegak lurus (paling tidak sepanjang pagar) di slot pemindai, dan geser pagar sampai menempel kuat pada tepi lurus. Sight down the straight-edge dan cari celah antara straight-edge dan pagar. Sesuaikan pagar seperlunya untuk menghilangkan celah tersebut.

 

Periksa Kesikuan Mata Gergaji

Sekarang pagar dan baling-baling keduanya sejajar dengan slot umpan (dan dengan demikian, sejajar satu sama lain), periksa pisau itu untuk memastikannya sejajar dengan meja. Sesuaikan sudut arbor gergaji di stopkontak 0 derajat. Kemudian, menggunakan penggaris siku atau bingkai framing kecil yang berdiri di tepi, periksa untuk melihat bahwa bilahnya berada pada 90 derajat (persegi) ke meja.

Jika tidak sejajar, aturlah pemberhentian 0 derajat pada gergaji seperti yang dijelaskan di manual pemilik gergaji Anda, dan periksa lagi sampai mata pisaunya benar-benar siku.

 

Baca Juga:  Panduan Memilih Genset untuk Rumah dan Kantor

 

 

Komentar

comments

About Master Tukang

Master Tukang, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *