Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home >> Decor >> Interior >> Toilet Kubikal, Toilet Cubicle Lebih Praktis dan Efisien Dibanding Toilet Konvesional
toilet kubikal
Toilet kubikal atau toilet cubicle praktis dan efisien

Toilet Kubikal, Toilet Cubicle Lebih Praktis dan Efisien Dibanding Toilet Konvesional

Toilet Kubikal, Toilet Cubicle Lebih Praktis dan Efisien Dibanding Toilet Konvesional. Perkembangan standar efisiensi ruang telah melahirkan beragam inovasi termasuk dalam hal ruang toilet. Inovasi Toilet kubikal atau cubicle toilet telah membawa cara baru para desainer dan kontraktor dalam memanfaatkan ruang yang efektif.

Menurut salah satu kontraktor interior asal Surabaya Tata Griya Interior, toilet kubikal telah menjadi favorit karena praktis dan hemat waktu pengerjaan. Selain itu ruangan terlihat bersih dan mudah dirawat.

Lihat saja di berbagai pusat perbelanjaan dan kantor banyak  toilet di desain dan dibuat bukan dari batu bata. Toilet tersebut berupa sekat-sekat yang dibuat saling berdekatan namun tetap nyaman untuk dipergunakan.

Keunikan desain toilet tersebut sebetulnya disebabkan oleh penggunaan partisi atau pembatas antar toilet. Jenis partisi yang digunakan pada toilet ini disebut sebagai cubicle toilet atau biasa dibaca dengan kubikal toilet.

Biasanya dinding toilet konvensional dibuat dari dinding batu bata sehingga dibutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak serta beban struktur bangunan semakin berat. Terlebih untuk ruangan yang bertingkat maka sangat disarankan untuk menggunakan partisi toilet cubicle. Bagi sebagian orang mungkin belum terbiasa dengan partisi untuk toilet cubicle karena mereka sering menggunakan toilet konvensional. Akan tetapi sebetulnya kubikal toilet ini memiliki banyak kelebihan yang patut untuk Anda pertimbangkan.

Baca Juga:  Memilih Material Kabinet Kitchen set, Antara Partikel Board dan Plywood
Desain konsep toilet kubikal
Desain konsep toilet kubikal

Toilet Kubikal: Bahan Cubicle toilet

Jika dilihat sekilas maka tampak partisi toilet cubicle ini dibuat dari bahan semacam kayu tripleks. Akan tetapi sebetulnya bahan pembuatan partisi toilet ini cukup beragam. Masing-masing bahan partisi tersebut memiliki harga serta kualitas yang berbeda. Berikut ini akan dijelaskan macam bahan partisi kubikal toilet:

 

  • Glass
    Panel ini dibuat dari bahan kaca dengan beragam jenis kaca. Biasanya kaca ini akan diberi tambahan finishing agar kaca tak tembus pandang serta memberikan keindahan pada kaca tersebut. Partisi toilet cubicle jenis ini sangat mahal dan juga elegan.

 

  • Phenolic
    Partisi ini dibuat dari kraft paper yang dilaminasi dengan resin melamin, lalu dipress menggunakan tekanan tinggi sehingga menghasilkan partisi yang tahan air, awet, tahan bakteri dan kuat.
Phenolic board adalah papan compact laminate yang terbuat dari kraft paper yang dilaminasi dengan Resin Melamin dan dipress dengan tekanan yang tinggi . Partisi cubicle phenolic dibuat dari lapisan kraft dan resin yang diproses laminasi dengan finishing dekorative paper. Kelebihan partisi cubicle phenolic sangat banyak diantaranya adalah tahan terhadap air dan api. Desainnya modern sangat pas untuk anda yang menginginkan kamar mandi yang mewah dan elegan.Selain itu cara pemasangannya juga sederhana dan mudah sehingga waktu pemasangannya juga cepat.Spesifikasi Partisi Cubicle toilet phenolic.
  • Panel phenolic dengan tebal 12 mm
  • Engsel stainless steel
  • Kunci dan indikator Stainless steel
  • Gantungan baju stainless steel
Keunggulan / kelebihan phenolic board :
Water Resistance, Fire Resistance, Abrasion Resistence, Resistance to harmful chemicals, Sederhana / simple, Anti Bacterial, Easy to maintain, Durable / tahan lama.
Phenolic cubicle ini cocok untuk diaplikasikan pada : Rumah Sakit, Kantor, Lounge, Sekolah, Restaurant, Laboratorium, Mall dan tempat umum lainnya.
  • GRC
    Partisi ini dibuat dari bahan GRC kemudian difinishing menggunakan cat duo. Partisi jenis ini sangat tahan air sehingga cocok untuk toilet basah maupun kering.
Baca Juga:  Panduan Memesan Kitchen Set Custom

 

  • Wooden/Plywood
    Partisi toilet cubicle ini dibuat dari bahan MDF lalu dilapisi dengan HPL. Partisi jenis ini sebaiknya digunakan untuk jenis toilet kering saja.

 

  • PVC
    Partisi ini dibuat dari bahan PVC tahan air dan tahan terhadap air. Partisi ini merupakan partisi yang paling ekonomis namun tampilannya kurang begitu elegan.

 

 

Toilet Kubikal: Kelebihan Cubicle toilet

Banyak orang yang mungkin masih ragu untuk menggunakan Toilet kubikal pada gedung atau pusat perbelanjaan. Untuk semakin meyakinkan Anda dalam menggunakan partisi toilet ini, berikut akan dijelaskan kelebihan cubicle toilet dibanding dengan toilet konvensional.

  • Lebih efisien karena tidak memakan tempat terlalu banyak. Dalam satu ruangan bisa diisi dengan beberapa cubicle toilet.
  • Lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dengan layout toilet sesuai keinginan. Selain itu, tinggi pedestal juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi ruangan.
  • Lebih praktis, mudah dan cepat pada saat dipasang.
  • Hardware partisi ini dari bahan nylon atau stainless steel berkualitas.
  • Dari segi desain dan tampilan, cubicle toilet ini akan tampak lebih elegan serta bernilai arsitektur dibandingkan dengan toilet konvensional.
Baca Juga:  Nat Lantai dan Dinding Warna Cerah Membuat Rumahmu Mencuri Perhatian

Penggunaan partisi toilet cubicle ini juga dapat meringankan beban struktur bangunan karena partisi ini memiliki berat yang ringan daripada toilet konvensional yang dibuat dari batu bata dan material bangunan lainnya.

Pada perkembangannya toilet kubikal akan menjadi pilihan wajib bagi penyedia ruang publik dan perkantoran. Berbagai pilihan bahan material dan desain serta efisiensi ruang dan waktu pengerjaan akan menjadi pertimbangan utama toilet kubikal.

 

Untuk Lebih mengetahui jelas tentang toilet kubikal silahkan tonton video di bawah ini

Komentar

comments

About Urban Kreator

Crafter ID, Segala informasi dan tutorial tentang pertukangan dan dunia konstruksi. Teknik perkayuan, teknik bangunan, Teknik pengelasan, Teknik Kelistrikan, teknik konstruksi, teknik finishing dan pengecatan. Review produk bangunan, review Alat pertukangan, informasi teknologi bahan bangunan, inovasi teknologi konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *